KENDALA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PERGURUAN TINGGI

Yoga Budi Bhakti(1*), Melda Rumia Rosmery Simorangkir(2), Awaluddin Tjalla(3), Anan Sutisna(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Kristen Indonesia Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan baru dari Kemeterian Pendidikan Kebudayaan. Program ini memberikan hak belajar 3 semester diluar program studi bagi mahasiswa agar menguasai berbagai keilmuan. MBKM merupakan bentuk kebebasan belajar bagi mahasiswa. Kementerian memfasilitasi dalam delapan bentuk kegiatan pembelajaran. Tujuan artikel ini untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasi program MBKM ini. Metode penelitian yang digunakan menggunakan studi literature terhadap artikel terkait implementasi program MBKM. Hasil penelitian menunjukkan kendala program MBKM berbeda-beda tergantung kepada bentuk kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan oleh Perguruan Tinggi, program studi, dosen dan mahasiswa. Dengan identifikasi kendala yang ditemui dalam implementasi program MBKM dapat dijadikan sebagai alat evaluasi sehingga program MBKM ini menjadi lebih baik lagi dalam pelaksanannya

 


Keywords


Merdeka Belajar; Kampus Merdeka; Kampus Mengajar; Studi Independen; Kendala MBKM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abna, N., Muchlis, N., Yusuf, R. A., Syamsu, A., & Shamad, I. (2022). Tantangan (Challenges) Dan Peluang (Opportunities) Kegiatan Pertukaran Pelajar Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Mahasiswa Di Universitas Muslim Indonesia. An Idea Health Journal, 2(01), 32-34.

Aisyianita, R. A., Rahmat, D., Abidin, J., Sahara, L. S., & Fedrina, R. (2022). Implementasi Model Desa Wisata Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Wisata Cisaat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 37-52.

Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Cakrawala, M., & Halim, A. (2021, December). KETERCAPAIAN DAN KENDALA IMPLEMENTASI MBKM DI PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 1017-1024).

Dzikria, I., & Narulita, L. F. (2021). Pengembangan Kurikulum untuk Pembentukan Jurusan Sistem Informasi Untag Surabaya Berbasiskan Kurikulum MBKM dan ACM IS dengan Metode Kualitatif. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 229-234.

Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Biotik, 9(1).

Hayati, H. (2021). Evaluasi Peserta Magang Di Instansi Pemerintahan Dengan Metode Bekerja Di Rumah (Studi Kualitatif sebagai Persiapan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(2), 54-71.

Hermanto, A., Kusnanto, G., & Fadilah, N. (2021). Pengembangan Model Sistem Informasi Dalam Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Untuk Mendukung Program MBKM. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 20-27.

Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan kendala pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19: Analisis respon mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183-196.

Mariati, M. (2021, August). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).

Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 137-148.

Nehe, B. M. (2021, May). Analisis konsep implementasi merdeka belajar-kampus merdeka dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0 di masa pendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Setia Budhi (Vol. 1, No. 1, pp. 13-19).

Nicolas Cen, F. (2021). Perancangan Desain Materi Sosialisasi MBKM Prodi DKV UMN (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Ningrum, M. N. W., Bupu, J. M., Pandina, S., & Halim, A. (2021, December). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Minat Dan Kendala MBKM Pertukaran Pelajar Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 1033-1038).

Nita, C. I. R., Kumala, F. N., Sesanti, N. R., Hakim, A. R., & Gutama, A. (2022). Analisis Dampak Implementasi Kurikulum MBKM PGSD UNIKAMA Terhadap Kearifan Lokal. Publikasi Pendidikan, 12(1), 42-52.

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2).

Putra, B. A., Qomariyah, C. M., & Aditya, C. (2021, December). Eksistensi Dan Implementasi Program Magang Mbkm Di Arwana Studio Engineering Consultan Malang. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 1011-1016).

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 861-870.

Rodiyah, R. (2021, August). Implementasi program merdeka belajar kampus merdeka di era digital dalam menciptakan karakter mahasiswa hukum yang berkarakter dan profesional. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, No. 2, pp. 425-434).

Santoso, Y. B., Astuti, E. Y., Mulyanto, A., & Suandari, L. (2022). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pehahaman Persespsi dan Kendala Impementasinya bagi Mahasiswa Disabilitas. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1134-1139.

Setyawati, Y., Sugiharto, F. B., Rosyanafi, R. J., Cahyanto, B., Rini, T. A., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh MBKM Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. MOTORIC, 5(2), 311-318.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915.

Sonjaya, R., & Iskandar, T. P. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS Bandung. Membaca MBKM dalam Ilmu Komunikasi, 33-38.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Sudrajat, M. A., Widiasmara, A., Amah, N., Ubaidillah, M., Nurhayati, P., Devi, H. P., ... & Taufiq, A. (2021). Pedoman Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Studi Akuntansi-Feb Universitas Pgri Madiun.

Suryani, L., Mbagho, H. M., & Mei, A. (2022). Respon Mahasiswa Proram Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores pada Program MBKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 812-823.

Takdir, M., Sani, K. R., Juniati, S. R., & Arifin, Z. (2021). Polemik Implementasi Program Magang MBKM Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi, 11(2), 22-35.

Yuherman, Y., Nugroho, W., & Sunarsi, D. (2021). Dampak Kebijakan MBKM Pada Kesiapan Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta. MORALITY: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 222-244.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).