Penerapan Sistem ‘New Normal’ pada Re-Desain Interior Toko Aksesoris Gadget Metoocel Surabaya

Renita Camelia Wijaya(1*), Grace Margaretha(2)

(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi di industri 4.0 membuat manusia tidak bisa lepas dari belenggu gadget dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pelajar, pekerja kantoran, bahkan hingga anak-anak. Manusia tidak luput dari kesempatan untuk mengembangkan usaha perekonomian yaitu salah satunya dengan menjual aksesoris gadget dengan berbagai bentuk, varian, dan fasilitas pelengkap dari gadget tersebut. Sejak penutup tahun 2019, dunia mulai mengalami adaptasi kehidupan dengan keadaan New Normal untuk melawan pandemi Covid-19. Banyak pertokoan dan usaha kecil hingga menengah mulai melaksanakan protokol kesehatan seperti mengukur suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer, jaga jarak dan lain-lain untuk bisa tetap berbisnis di tengah pandemi yang mengglobal. Penggunaan metode 5 tahapan proses Design Thinking dari Hasso (d.school) membantu dalam menyajikan kebutuhan dan solusi dalam perancangan. Melalui perancangan redesain interior toko aksesoris gadget Metoocel WTC di lantai 5 Surabaya ini, bertujuan untuk membantu menjadi inspirasi yang dapat diterapkan bagi pemilik toko khususnya toko aksesoris gadget bagaimana menyatukan elemen interior dengan aplikasi protokol kesehatan dalam sebuah ruangan publik seperti dalam pusat perbelanjaan dan dengan desain yang unik dan ‘menjual’ di tengah persaingan toko lain yang menjual produk sejenis.  Aplikasi sistem ‘New Normal’ ini dilakukan lewat elemen interior, elemen perabot, sistem flow penjualan dan sistem pelayanan secara online maupun offline dengan pertimbangan aspek fungsi dan visual dari brand image.


Keywords


new normal; Covid-19; aksesoris gadget; interior toko; public space

Full Text:

PDF

References


Barr, Vilma and Charles E Broudy, AIA. 1984. Designing To Sell. USA: McGraw Hill.

Benjamin, John Durland. 1988. "A Theory and Empirical Test of Retail and Office Lease Contracting." PhD diss., Louisiana State University and Agricultural & Mechanical College.

Dam, Rikke Friis and Teo Yu Siang. 2020. “5 Stages in the Design Thinking Process”. Interaction Design Foundation. Accessed 2 Desember 2020. https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process.

Kusumowidagdo, Astrid. 2005. “Peran Penting Perancangan Interior pada Store Based Retail.” Dimensi Interior, 3 no. 1 (June): 17-30. https://media.neliti.com/media/publications/217855-peran-penting-perancangan-interior-pada.pdf

Levy, Michael and Barton Weitz. 1998. Retail Management. USA: McGraw-Hill.

M, A.A. G.d. Tugus Hadi Iswara A., I Gusti Ayu Canny Utami and Ni Wayan Ardiarani Utami. 2020. “Penerapan Konsep “New Normal” pada Desain Sirkulasi dan Signage Pusat Perbelanjaan di Kawasan Kuta, Bali. Studi Kasus: Beachwalk Shopping Center.” Jurnal Arsitektur Zonasi, 3 no. 3 (October): 356-364.

https://doi.org/10.17509/jaz.v3i3.27895.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020. Author, 2020. Accessed March 31, 2021. https://covid19.go.id/p/protokol/protokol-pencegahan-penularan-corona-virus-disease-covid-19-di-tempat-kerja-sektor-jasa-dan-perdagangan-area-publik-dalam-mendukung-keberlangsungan-usaha

Mesher, Lynne. 2010. Basic Interior Design 01: Retail Design. Switzerland: AVA Academia. pp.105-112

Metoocel. 2021. “Metoocel”. Accessed September 2, 2020. https://metoocel.com/

Panero, Julius and Martin Zelnik. 2003. Dimensi Manusia & Ruang Interior. Jakarta: Erlangga. pp.200-205

Peluang Bisnis. 2020. “Peluang Bisnis Aksesoris Handphone dengan Modal di Bawah 200 Ribu.” Accessed March 31, 2021.

https://kumparan.com/peluang-bisnis/peluang-bisnis-aksesoris-handphone-dengan-modal-di-bawah-200-ribu-1stDIWKA3Tg

Putra, Manjaya. 2017. “Faktor Kunci yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Konsumen di Erafone Tunjungan Plaza Surabaya.” SE., Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Setyana, Agustitin. 2015. “Pengaruh Brand Image Toko Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Toko Busana Muslim Karita Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.” S.E.Sy., Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Sully, Anthony. 2012. Interior Design: Theory and Process. London: A&C Black Publishers.

Warta Ekonomi. 2019. “Mengenal Revolusi Industri dari 1.0 hingga 4.0.” Accessed March 31, 2021. https://www.wartaekonomi.co.id/read226785/mengenal-revolusi-industri-dari-10-hingga-40




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i3.9390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Renita Camelia Wijaya, Grace Margaretha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics