Strategi Iklan Grab versi "Pilih Aman"

Iman Sumargono(1*), Muhammad Hidayattuloh(2)

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan merupakan bagian dari keseluruhan bentuk pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen  untuk melakukan hal yang sesuai dengan isi pesan dari iklan. Iklan dibuat menarik, sebaik dan sekreatif mungkin karena iklan mempunyai tugas untuk meningkatkan penjualan. Iklan mempunyai dampak membentuk perilaku konsumtif pada masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk : (a) menjelaskan bagaimana pendekatan kreatif pada Iklan Grab Versi Pilih Aman; (b) menjelaskan bagaimana daya Tarik kreatif pada iklan Grab Versi Pilih Aman; (c) menjelaskan gaya eksekusi pada iklan Grab Versi Pilih Aman.Iklan yang dijadikan penelitian adalah Video iklan #PilihAman diunggah Grab di akun Youtube maupun Facebook resminya pada tanggal 18 September 2016, dengan pertimbangan  strategi kreatif iklan yang mengeksplorasi konten disturbing picture justru menuai kecaman dari netizen dan berdampak pada viral yang sangat cepat. Metode observasi dan dokumentasi dilakukan dalam proses pengumpulan data. Data penelitian kemudian dianalisi dengan metode kualitatif. Berdasarkan fenomena yang telah disajikan di atas peneliti bermaksud untuk menganalisa Video iklan #PilihAman penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana konsep kreatif atau gagasan besar dibangun sehingga mampu membuat pesan iklan menjadi berbeda, bisa merebut perhatian dan mudah untuk diingat


Keywords


iklan; strategi; periklanan; Grab

References


Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual. Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.

Danesi , Marcel. 2011. Pesan, tanda dan Makna. Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lee, Monle dan Johnson Carla , 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global , jakarta : Kencana Prenada Media group.

Sutherland dan Sylvester. 2005. Advertising and the Mind of the Consumer. Jakarta: Penerbit PPM.

Santosa , Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi , Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.

Rujukan Elektronik

wwwTHECUTSHOPcom

(tt.) Grab bike-selalu Pilih Aman

melalui https://www.youtube.com/watch?v=LrA11aPT6ec (10-03-2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.9318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iman Sumargono, Muhammad Hidayattuloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics