Analisis Komponen Visual pada Iklan Animasi Shoope “Sekotak Harapan dari Shopee”

Adya Mulya Prajana(1*), Aisyi Syafikarani(2)

(1) Telkom University
(2) Telom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 menjadikan masyarakat melakukan kegiatannya hanya di rumah saja. Dalam melihat kondisi tersebut maka para produsen iklan dituntut untuk dapat selalu adaptif dalam membaca keadaan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Iklan animasi Shopee “Sekotak Harapan dari Shopee” adalah iklan yang menampilkan berbagai macam kegiatan masyarakat di masa pandemi. Pendekatan visual tersebut dilakukan sebagai sebuah refleksi dari keadaan yang sedang terjadi di masyarakat. Namun pertanyaannya apakah dengan terbatasnya kegiatan masyarakat yang ditampilkan dalam iklan di masa pandemi menggunakan komponen visual. Hal tersebut menjadi pertanyaan karena lingkup visual yang ditampilkan terbatas. Penelitian ini dianalisa menggunakan teori Komponen Visual dengan metode deskriptif kualitatif. Observasi visual pada iklan animasi Shopee yaitu dengan mengambil setiap potongan gambar video iklan dengan menggunakan teknik screenshot. Analisis ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui penggunaan unsur-unsur komponen visual yang terdapat pada iklan animasi Shopee “Sekotak harapan dari Shopee” dalam membangun relasi antara visual dengan pesan yang disampaikan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Iklan animasi Shopee “Sekotak Harapan dari Shopee” menggunakan komponen visual sebagai pemanfaatan teknis pada iklan, 2) Terdapat relasi antara visual dengan pesan yang disampaikan dalam iklan, 3) Iklan tersebut memanfaatkan kondisi yang terjadi di masyarakat sebagai pendekatan visual sehingga iklan dapat dengan mudah mendapat perhatian.  


Keywords


Komponen Visual; Iklan; Animasi

Full Text:

PDF

References


Belch, George E, and Michael A Belch. 2004. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective 6th. New York: McGraw-Hil l.

Block, Bruce. 2020. The Visual Story: Creating the Visual Structure of Film, TV, and Digital Media. Routledge.

Darmaprawira, W A. 2002. Warna: Teori Dan Kreativitas Penggunaannya. Ke-2. Bangung: Penerbit ITB.

Fauzan, Rahmad. 2020. “Pengunjung Bulanan Shopee Capai 93 Juta Orang, Geser Tokopedia,” 2020. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200824/12/1282601/pengunjung-bulanan-shopee-capai-93-juta-orang-geser-tokopedia.

Kaser, Ken. 2012. Advertising and Sales Promotion. Cengage Learning.

Lova, Cynthia. 2020. “PSBB Transisi Berakhir Hari Ini, Masyarakat Kecewa Berdiam Diri Di Rumah Enam Bulan Tanpa Hasil,” 2020. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/08/27/16382901/psbb-transisi-berakhir-hari-ini-masyarakat-kecewa-berdiam-diri-di-rumah?page=all.

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film Dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Saidi, Acep Iwan. 2017. Desain, Media & Kebudayaan. Penerbit ITB.

Thompson, Roy, and Christopher J Bowen. 2009. Grammar of the Edit. Vol. 13. Taylor & Francis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.9221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adya Mulya Prajana, Aisyi Syafikarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics