Iklan Tokopedia Versi BTS sebagai Representasi Korean Waves

Adrian Conita(1*), Yulianto Hadiprawiro(2), Atiek Nur Hidayati(3)

(1) Universitas Nasional
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan zaman yang pesat membuat teknologi mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Kemajuan teknologi ini ditandai dengan munculnya internet dimana saat ini semua orang dapat menggunakan internet untuk berbagai keperluan. Saat ini belanja online sudah menjadi kebutuhan pokok di semua kalangan. Perusahaan e-commerce bersaing satu sama lain untuk menarik perhatian orang dengan membuat iklan yang menggunakan duta merek (Brand Ambassador). Tokopedia merupakan mall online yang memungkinkan penjual untuk membuka toko dan melakukan penjualan dengan mudah tanpa harus memikirkan sewa toko dan membayar gaji karyawan dengan mengutamakan keamanan transaksi, menawarkan pengalaman jual beli online yang aman, mudah dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi Gelombang Korea yang tercermin dari keberadaan BTS dalam Iklan Komersial Tokopedia. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik Charles Sanders Pierce dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi Korean Waves melalui BTS sebagai brand ambassador Tokopedia dalam iklan YouTube tercermin dari karakter positif sosok individu atau kelompok yang muncul untuk menarik persona konsumen Tokopedia

Keywords


korean waves; brand ambassador; citra persona

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik suharsimi. Jakarta: Rineka Cipta.

Databoks. 2018. "Tokopedia Tetap Memimpin Jumlah Pengunjung e-Commerce TW III 2018." kata data. Accessed 6 Juli 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/10/22/tokopedia-tetap-memimpin-jumlah-pengunjung-e-commerce-tw-iii-2018.

Gultom, Shelma Bertari, and Devilia Sari. 2019. "Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-commerce Shopee." eProceedings of Management 6 (2): 4047-4053. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9447.

Herdadi, Farah. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Farah Aprilia Herdani. Accessed 10/21.

ibighit. "Profile BTS." Big Hit Entertainment. Accessed 6 Agustus 2020. https://ibighit.com/bts/eng/profile/.

Jayani, Dwi Hadya. 2020. "10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia." katadata. Accessed 6 Juli 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.

Jeong, Jae-Seon, Seul-Hi Lee, and Sang-Gil Lee. 2017. "Korean Wave| When Indonesians Routinely Consume Korean Pop Culture: Revisiting Jakartan Fans of Korean Drama Dae Jang Geum." International Journal of Communication 11: 2288-2307. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/6302.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Lee, Yu Lim, Minji Jung, Robert Jeyakumar Nathan, and Jae-Eun Chung. 2020. "Cross-National Study on the Perception of the Korean Wave and Cultural Hybridity in Indonesia and Malaysia Using Discourse on Social Media." Sustainability 12 (15): 6072. https://www.mdpi.com/2071-1050/12/15/6072.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Onlenpedia. 2015. "Kisah Perjalanan Tokopedia." Accessed 15 Juli 2020. https://www.onlenpedia.com/2015/10/kisah-perjalanan-tokopedia-versi.html.

Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. 4th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tina, Limar, and Lusia Savitri Setyo Utami. 2020. "Formation of Tokopedia Image Perceptions in Public (Study On BTS Fans, ARMY)." The 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), 2020-12-11T22:39:45.000Z.

Tjoe, Fandy Zenas, and Kyung-Tae Kim. 2016. "The Effect of Korean Wave on Consumer's Purchase Intention of Korean Cosmetic Products in Indonesia." The Journal of Distribution Science 14 (9): 65-72. https://doi.org/10.15722/jds.14.9.201609.65.

Tokopedia. "Kisah Kami." Tokopedia. Accessed 15 Juli 2020. https://www.tokopedia.com/about/our-story.

Tokopedia. "Tokopedia X BTS." https://www.youtube.com/playlist?list=PLmmGB6SXc_3QEYaE-rBQhwIuHHCMrK07R.

Tokopedia. 2015. "Menjawab pertanyaan "Kenapa Maskot Toped itu burung hantu dan kantong belanja?"." 11 Oktober 2015. https://web.facebook.com/tokopedia/photos/menjawab-pertanyaan-kenapa-maskot-toped-itu-burung-hantu-dan-kantong-belanjamask/10153715976504612/?_rdc=1&_rdr.

Tokopedia. 2021. "Biodata Member BTS Lengkap & 10 Fakta Menarik Personelnya." https://www.tokopedia.com/blog/profil-biodata-fakta-personel-bts/.

TribunWiki. 2019. "Tokopedia Jadi Aplikasi Terbaik Android dan IOS." Tribun News, 2019. Accessed 15 Juli 2020. https://makassar.tribunnews.com/2019/02/17/tribunwiki-tokopedia-jadi-aplikasi-terbaik-android-dan-ios-ini-sejarah-dan-pendirinya?page=all.

WowKeren. 2019. "Tokopedia Resmi Umumkan BTS Sebagai Brand Ambassador dan Rilis Video Iklan Baru." Wow Keren. Accessed 6 Agustus 2020. https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00276973.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adrian Conita, Yulianto Hadiprawiro, Atiek Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics