Pemodelan Strategi Kampanye Sosial Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis 7 Fase Kesedihan Kubler

Agung Eko Budiwaspada(1*), Alvanov Zpalanzani Mansoor(2)

(1) Institut Teknologi Bandung
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persebaran covid-19 berbanding lurus dengan kecepatan lalu-lintas orang dan barang era globalisasi.Menggali lebih dalam dampak sosial masyarakat terkait dengan pandemi covid-19, dapat dikonstruksi melalui tahapan emosional dalam kesedihan yang terjadi ketika manusia dihadapkan pada perubahan.Memahami dampak sosial pandemi covid-19 menghasilkan pengetahuan yang  berguna untuk mengembangkan model strategi komunikasi persuasi publik Indonesia. Fenomena tersebut akan dipetakan dengan semiotika sosial untuk menghasilkan model siklus kesedihan pandemi covid-19 yang akan menjadi dasar pemodelan kampanye sosial. Adapun temuan dalam pengembangan model kampanye sosial pasca pandemi Covid-19 adalah perlunya membangun pemahaman akan khalayak sasaran melalui pengembangan pemahaman akan interaksi sosial budaya, dan pemahaman akan pola pengumpulan informasi, serta pemahaman akan sistem pengambilan keputusan khalayak sasaran berbasis konstruksi fase kesedihan pandemi covid-19. Pola perilaku, komunikasi dan interaksi sosial, serta pengambilan keputusan khalayak sasaran berbeda pada setiap fase kesedihan yang dialami. Oleh karena itu, 7 fase kesedihan pandemi covid-19 yang dilalui oleh khalayak sasaran merupakan pijakan penting dalam membangun pemahaman utama untuk memunculkan empati, sikap dan perilaku, serta tindakan dari khalayak sasaran sebagai tujuan dalam merancang kampanye sosial pasca pandemi Covid-19

Keywords


covid-19; kampanye sosial; semiotika sosial; 7 fase kesedihan; desain komunikasi visual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrews, Marc. "Social Campaigns, Art of Visual Persuasion Its Psychology, Its Semiotics, Its Rhetoric." MaHKU-Utrecht Graduate School of Visual Art and Design, vol. MA, Thesis, HKU University of the Arts Utrecht, 2008. http://www.mahku.nl/download/m_andrews_socialcampaigns.pdf.

Bayu, Dimas Jarot. "Jokowi Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19." katadata.co.id, 13 Maret 2020. https://katadata.co.id/agustiyanti/berita/5e9a4214bc69e/jokowi-bentuk-gugus-tugas-percepatan-penanganan-covid-19.

Budiwaspada, Agung Eko and Fadillah. "Locality Value as a Reflection of Core Values Incorporate Culture: A Study of Local Advertising Agency (Petakumpet)." Jurnal Sosioteknologi, vol. 17, no. 2, 2018, pp. 228-235, doi:http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2018.17.2.5.

CNN Indonesia. "Menkes: Virus Corona Penyakit Yang Bisa Sembuh Sendiri." CNN Indonesia, 2 Maret 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200302162005-20-479814/menkes-virus-corona-penyakit-yang-bisa-sembuh-sendiri

CNN Indonesia. "Menkes: Jangan Panik Hadapi Virus Corona." 2020. https://www.youtube.com/watch?v=E3awGck2B2w, 15 April 2020.

Coase, Ronald H. "The Institutional Structure of Production." University of Chicago Law School, 1992.

Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi ITB. "Peneliti Itb Buat Pemodelan Prediksi Puncak Penyebaran Covid-19 Di Indonesia."

Institut Teknologi Bandung, 18 Maret 2020. https://www.itb.ac.id/news/read/57444/home/peneliti-itb-buat-pemodelan-prediksi-puncak-penyebaran-covid-19-di-indonesia.

DuBois, Brenda and Karla Krogsrud Miley. Social Work: An Empowering Profession. Pearson, 2019.

European Center of Disease Prevention and Control. "Disease Background of Covid-19." European Centre for Disease Prevention and Control, 8 April 2020. www.ecdc.europa.eu/en/2019-ncov-background-disease.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. "Situasi Virus Corona." Covid19.Go.id, 2020. https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Gumilang, Akhtur. "Polda Jateng Blokir Ratusan Akun Medsos Sebar Provokasi Kerusuhan, Salah Satunya Kerusuhan 18 April." Tribun Jateng, 15 April 2020. https://jateng.tribunnews.com/2020/04/15/polda-jateng-blokir-ratusan-akun-medsos-sebar-provokasi-kerusuhan-salah-satunya-kerusuhan-18-april

Halliday, M. A. K. Language as Social Semiotic: The Social Interpretation of Language and Meaning. Edward Arnold, 1994.

Hamad, Ibnu. "Analisis Wacana (Discourse Análisis) Sebuah Pengenalan Awal." Diktat Per-kuliahamn Methode Penelitian Komunikasi Kulaitatif, PPS MIK UPDM (B) Jakarta, 2007, pp. 14-15.

Hanurawan, Fattah. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya, 2010.

Idhom, Addi M. "Update Corona 8 April 2020 Indonesia & Data Covid-19 Dunia Hari Ini." Tirto.id, 2020. https://tirto.id/update-corona-8-april-2020-indonesia-data-covid-19-dunia-hari-ini-eLSN, 9 April 2020.

Ihsanuddin. "Pengumuman Mendadak Jokowi Yang Kejutkan Pasien Positif Corona." Kompas.com, 4 Maret 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/04/08051361/pengumuman-mendadak-jokowi-yang-kejutkan-pasien-positif-corona?page=all.

jpnn.com. "Simak Pengakuan Pasien Pertama Covid-19 Di Indonesia, Sekarang Sudah Sembuh." jpnn.com, Jaringan Pemberitaan Nusantara Negeriku, 2020. https://www.jpnn.com/news/simak-pengakuan-pasien-pertama-covid-19-di-indonesia-sekarang-sudah-sembuh.

Kaplan, Harold I et al. Sinopsis Psikiatri: Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. edited by Dr. I. Made Wiguna S., Bina Rupa Aksara, 2010.

Klingemann, H.D. and A. Römmele. Public Information Campaigns and Opinion Research: A Handbook for the Student and Practitioner. SAGE Publications, 2002.

Kubler-Ross, Elisabeth. On Death and Dying. Routledge, 2009.

Pabottinggi, Mochtar. Islam, Antara Visi, Tradisi, Dan Hegemoni Bukan-Muslim. Yayasan Obor Indonesia, 1986.

Perloff, Richard M. The Dynamics of Persuasion. L. Erlbaum Association, 1993.

Piliang, Yasar Amir. Medan Kreativitas-Memahami Dunia Gagasan. Cantrik Pustaka, 2018.

Piper, Daniel. "Mcdonald's Apologises after Tasteless Logo Change." Creative Bloq Art and Design Inspiration, Creative Bloq, 25 Maret 2020. https://www.creativebloq.com/news/mcdonalds-logo-backlash#:~:text=Not%20only%20has%20McDonald's%20Brazil,communities%20in%20times%20of%20need.

Prabowo, Dani. "Narasi Menakutkan Usai Napi Bebas Akibat Covid-19 Dan Upaya Cegah Kejahatan Berulang." Kompas.com, 15 Maret 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/16/11053401/narasi-menakutkan-usai-napi-bebas-akibat-covid-19-dan-upaya-cegah-kejahatan?page=all

Prireza, Adam, et al. "Daerah Bergerak Setelah Pidato Presiden - Laporan Utama." Tempo, 2020. https://koran.tempo.co/amp/laporan-utama/451025/daerah-bergerak-setelah-pidato-presiden.

Putri, Restu Diantina. "Kronologi Penularan Pasien Positif Corona Covid-19 Di Indonesia." Tirto.id, 11 Maret 2020. https://tirto.id/kronologi-penularan-pasien-positif-corona-covid-19-di-indonesia-eD6x.

Qodar, Nafiysul. "Jokowi Beri Oleh-Oleh Jamu Untuk 3 Pasien Sembuh Dari Covid-19." Liputan6.com, 16 Maret 2020. https://www.liputan6.com/news/read/4203422/jokowi-beri-oleh-oleh-jamu-untuk-3-pasien-sembuh-dari-covid-19.

Rogers, Everett M and J. Douglas Storey. "Communication Campaign." The Handbook of Communication Science, edited by Charles R. Berger and Steven H. Chaffee, SAGE Publications, 1987, pp. 817-846. https://books.google.co.id/books?id=gH7F_0kTQTEC.

Sari, Haryanti Puspa "Mensos: Pemerintah Beri Stimulus Rp 405 Triliun Untuk Penanganan Covid-19." Kompas.com, 7 April 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/20070081/mensos-pemerintah-beri-stimulus-rp-405-triliun-untuk-penanganan-covid-19.

Thwaites, Anthony Guy et al. Tools for Cultural Studies: An Introduction. Macmillan Publ, 1999.

Umasugi, Ryana Aryadita. "Anies Terbitkan Pergub Soal Psbb Di Dki Jakarta, Diterapkan Jumat 10 April." Kompas.com, 9 April 2020. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/09/22340801/anies-terbitkan-pergub-soal-psbb-di-dki-jakarta-diterapkan-jumat-10-april?page=all.

Venus, Antar et al. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i3.6335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agung Eko Budiwaspada, Alvanov Zpalanzani Mansoor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics