Bukan sekedar hiasan: gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat

Ariefika Listya(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat memegang peranan penting. Secara estetis gaya grafis memperindah tampilan pada media komunikasi dan promosi suatu perusahaan, sedangkan secara fungsional, gaya grafis memperkuat identitas visual. Bentuk dan warna pada gaya grafis khas biasanya diambil dari logo untuk kemudian ditata pada ruang media tertentu. Meskipun pada umumnya hanya mengambil dari bentuk logo, ternyata penyajian gaya grafis khas banyak macamnya. Sebagai identitas visual korporat, gaya grafis khas ini belum pernah dibahas secara mendalam pada buku teks maupun buku populer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan estetika terapan. Dengan mengumpulkan data dan mengamati gaya grafis pada media promosi empat Bank di Jakarta, akan dibuat pengkategorisasian jenis-jenis gaya grafis khas dalam identitas visual korporat dan juga fungsinya. Hasil penelitian berguna untuk keperluan akademis maupun praktis. Melalui temuan ini, literatur mengenai identitas visual korporat khususnya gaya grafis khas akan bertambah sehingga membantu akademisi dalam memperoleh pengetahuan teoritis berkaitan hal tersebut. Secara praktis, hasil penelitian ini akan memudahkan maupun menginspirasi praktisi untuk membuat dan mengaplikasikan gaya grafis khas yang tepat pada identitas visual korporat.

Keywords


gaya grafis; khas; identitas visual korporat

Full Text:

PDF

References


Neumeier, Marty, 2005. The Brand Gap. Canada: New Rider.

He, H.-W. and Balmer, J. M. T. 2007.Identity Studies: Multiple Perspective and Implications for Corporate Level Marketing. European Journal of Marketing, 41 (7/8): 765-85

Melewar, T.C., Karaosmanoglu, Elif. 2006.Seven Dimensions of Corporate Identity: A Categorisation from The Practitioners Perspectives. European Journal of Marketing, 40, (7/8): 853

Van Den Bosch, Annette L.M., De Jong, Menno D.T., Elving, Wim J.L. 2005. How Corporate Visual identity Support Reputation. Corporate Communications: An International Journal, 10 (2): 108-116

Van Den Bosch, Annette L.M., 2005. Corporate Visual Identity Management: Current Practices, Impact, and Assessment. Dissertasion.

Klint, Lars, Lisby, Henrik., Binthahir, Haical Abas., 2014. Using a PHM based Visual Brand Identity Management System to Manage Deterioration of Visual Brand Identities and Prolong Their Life

Span, Prognostics and Health Management (PHM), Cheney, WA: 1-8

Laukkanen, Pia Hurmelinna., Juntunen, Mari., Saraniemi, Saila., Elving, Wim J. L. 2010 June 4-10. Visual Identity and IPRs in Corporate Brand Management. Proceeding of The Conference an Corporate Communication. Wroxton, England. P. 122-131.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i02.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ariefika Listya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics