Branding Produk UMKM Pempek Gersang

Ahmad Faiz Muntazori(1), Ariefika Listya(2*), Muhammad Iqbal Qeis(3)

(1) (Scopus ID 57205392484) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meredesain logo yang tepat bagi produk UMKM sebagai bagian dari branding berdasarkan hasil penelitian ilmiah. Produk tersebut adalah pempek Palembang yang memiliki inovasi yakni tanpa kuah. Metode kualitatif deskriptif dipakai dalam penelitian ini dengan pendekatan estetika, pendekatan ilmu komunikasi dan ilmu pemasaran. Teknik pengumpulan data yakni studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain logo yang paling sesuai merepresentasikan brand Pempek Gersang adalah mengangkat mengenai inovasi produknya dalam hal cara memakan pempek yang menjadi kelebihan brand Pempek Gersang dibanding pempek lainnya. Tahapan perancangannya adalah mengevaluasi desain sebelumnya, menggali informasi, merumuskan creative brief, riset, eksplorasi ide dan membangun konsep, memvisualisasikan keyword, membuat alternatif desain, serta menyempurnakan desain akhir. Desain logonya menampilkan ikon karakter yang nampak antusias hendak mengkonsumsi pempek dengan mudahnya sesuai dengan konsep produknya. Diharapkan melalui logo baru, brand UMKM ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang sesuai dengan tujuan branding.


Keywords


redesain; logo; umkm; branding

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adîr, Victor et al. "How to Design a Logo." Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 122, no. 19, 2014, pp. 140-144, doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1316.

Association, American Marketing. Marketing Definitions: A Glossary of Marketing Terms. American Marketing Association, 2004.

Design, Victoria Certificate of Education Study. Visual Communication Design 2013-2017. Victoria Curriculum and Assessment Authority, 2012.

Henderson, Pamela W et al. "Building Strong Brands in Asia: Selecting the Visual Components of Image to Maximize Brand Strength." International Journal of Research in Marketing, vol. 20, no. 4, 2003, pp. 297-313, doi:https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2003.03.001.

Pittard, Narelle et al. "Aesthetic Theory and Logo Design: Examining Consumer Response to Proportion across Cultures." International Marketing Review, vol. 24, no. 4, 2007, pp. 457-473, doi:https://doi.org/10.1108/02651330710761026.

Qeis, M. I. et al. "Visual Analysis of Fair & Lovely Commercial and How It Represents the Image of Nowadays Indonesian Muslimat." International Journal of Scientific & Technology Research, vol. 7, no. 11, 2018, pp. 160-165, http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1118-19691.

Simonson, Alex and Bernd H Schmitt. Marketing Aesthetics: The Strategic Management of Brands, Identity, and Image. Simon and Schuster, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Faiz Muntazori, Ariefika Listya, Muhammad Iqbal Qeis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics