Perancangan logo brand Romansa Steak melalui pendekatan design thinking

Ariefika Listya(1*), Wulandari Wulandari(2), Ath-Thur Wildhan(3)

(1) Universitas Paramadina
(2) Universitas Paramadina
(3) Universitas Paramadina
(*) Corresponding Author

Abstract


Identitas visual penting dalam pemasaran sebagai upaya membangun brand agar bertahan dalam jangka panjang serta dapat bersaing dengan kompetitor. Romansa Steak sebagai brand baru dalam bidang usaha steak ayam belum memiliki identitas visual khususnya logo. Tujuan penelitian ialah untuk merancang logo yang mempresentasikan brand Romansa Steak. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara terhadap pihak brand dan observasi visual terhadap identitas visual beberapa brand steak sejenis serta terhadap tren desain. Logo dirancang menggunakan pendekatan design thinking yang spesifik untuk desain komunikasi visual oleh Ambrose dan Harris dengan 7 tahapan proses yakni Define, Research, ideate, Prototype, Select, Implement, Learn dengan melibatkan peneliti sebagai tim desain serta pemilik brand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menciptakan identitas visual logo yang paling tepat bagi Romansa Steak ialah dengan menitikberatkan pada brand name dan brand tagline “teman romantismu makan steak” yang divisualisasikan melalui gambar steak ayam untuk mengenalkan identitas sebagai restoran steak ayam; simbol jari membentuk love untuk merepresentasikan konsep romantis; tone warna hangat yang mewakili kehangatan suasana; dan jenis huruf yang klasik dan bold memperkuat kesan restoran steak.

Keywords


Identitas visual; Brand; Desain logo; Design thinking

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, M. N., Ahmad, A. K. A., Ramlie, M. K., Muhammad Fuad, I. N. F., & Abdul Rahaman, A. (2023). Exploring the Five-I Logo Process: A Case Study of IFIX Brand. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(5), Pages 2545-2555. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v13-i5/17146

Adams, S., Morioka, N., & Stone, T. L. (2006). Logo design workbook: A hands-on guide to creating logos. Rockport Publishers.

Adi, G. B. (2017). Dampak penggunaan warna panas dalam upaya branding suatu produk. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(2), 58–61.

Adir, G., Adir, V., & Pascu, N. E. (2012). Logo Design and the Corporate Identity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 650–654. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.218

Agam, T., Listya, A., & Muntazori, A. F. (2020). Infografis ampas kopi sebagai pupuk organik penunjang pertumbuhan tanaman. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media, 1(2), 156–172.

Ambrose, G., & Harris, P. (2015). Design thinking for visual communication. Bloomsbury Publishing.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2020). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Nuansa Cendekia.

Basiroen, V. J., Putra, I. N. A. S., Judijanto, L., Anggara, I. G. A. S., Negoro, A. T., Sutarwiyasa, I. K., Nurhadi, N., Afandi, H. R., Prasetyo, D., & Ramadhani, N. (2024). Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (DKV). PT. Green Pustaka Indonesia.

Dang, L. (2018). Visual branding: A guide to designing visual identity. Unpublished Bachelor’s Thesis]. Vaasan Ammattikorkeakoulu University of Applied Sciences.

Hardy, G. (2011). Smashing logo design: The art of creating visual identities. Wiley.

Matúšová, J. G. (2021). Logo as the greatest symbol of brand. European Journal of Media, Art and Photography, 9(2), 126–133.

Mirani, A. K. (2013). TA: Perancangan Media Promosi Resto Kampoeng Steak dengan Karakteristik Surabaya sebagai Upaya Meningkatkan Brand Loyalty.

Niam, M. F., Rumahlewang, E., Umiyati, H., Dewi, N. P. S., Atiningsih, S., Haryati, T., Magfiroh, I. S., Anggraini, R. I., Mamengko, R. P., & Fathin, S. (2024). Metode penelitian kualitatif.

Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 100–109.

Novitasari, S., Natadjaja, L., & Yuwono, E. C. (2015). Perancangan Corporate Identity Dan Media Promosi Malibu Resto Steak N Pizza Di Malang.

Peddisetty, N. (2024). Consistency in Branding: Strategies for success. IJAIDR-Journal of Advances in Developmental Research, 15(1).

Putri, A. E. (2020). Peningkatan citra merek dan penjualan warung steak tersanjung surakarta melalui desain identitas visual dan promosi media sosial. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Sidhartani, S. (2010). Elemen Visual Dan Prinsip Desain Sebagai Bahasa Visual Untuk Menyampaikan Rasa, Studi Kasus: Aplikasi Elemen Visual dan Prinsip Desain pada Karya Nirmana Dwimatra. Deiksis, 2(02), 82–95.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tranquille, R. A. (2019). Designing a Typeface for a Brand.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.29030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ariefika listya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.