Rekomendasi desain sarana berdagang pada Pedagang Kaki Lima (PKL) berdasarkan persepsi konsumen
(1) Telkom University
(2) Universitas 'Aisyiyah Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almira, R., Wardono, P., & Maharani, Y. (2020). Analisis Faktor Terhadap Perilaku Wisatawan Muda dalam Pemilihan Tempat Makan di Bandara. Jurnal Itenas Rekarupa, 6(1), 11–17. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.178%0Ahttps://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/47202579/230-726-1-PB.pdf?1468379829=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DMuseum_Sejarah_Kuliner_Tradisional_Indon.pdf&Expires=1599006657&Signature=IbPRhP
Anam, C., & R., E. W. (2017). Introduksi Booth sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness Kue Leker Menuju Ukm Naik Kelas. E-Dimas Education Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 68–76. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1375
Aotama, R. C., & Klavert, D. R. H. (2023). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Segitiga Jatinegara Jalan Matraman Raya - Jalan Bekasi Barat. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 12(2), 247–256. https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/536
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2012 Tentang Koordinasi Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, 1 (2012). https://peraturan.bpk.go.id
Briliana, V., Prasetio, A. B., & Prasastyo, K. W. (2023). How Indonesian Street Food Stalls Inspire Post-Pandemic Indonesian Tourism. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i1.22205
Cholis, L. N., Priatini, W., & Insani, H. M. (2022). Persepsi Konsumen Akan Hygiene dan Sanitasi terhadap Keputusan Pembelian Makanan pada Pedagang Kaki Lima: Studi Kasus di Kawasan Wisata Alun-alun Sumedang. Jurnal Gastronomi Indonesia, 10(2), 51–57. https://doi.org/10.52352/jgi.v10i2.917
Fanthi, R., Hendrassukma, D., Nediari, A., & Latif, F. (2018). Inspirasi Gerobak Makanan Tradisional Betawi Pada Desain Counter Makanan Betawi Di Area Pusat Jajan. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 15(1), 17–30. https://doi.org/10.25105/dim.v15i1.4194
Fauziyah, D. A. (2024). Analisis Perbandingan Daya Saing Pedagang Kaki Lima Dengan Makanan Branded : Dalam Pasar Konsumen. Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 56–59.
Glenaldo, C., Murwonugroho, W., & Waspada, A. E. B. (2022). Perancangan Booth Pada Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (Giias) Sebagai Brand Image Pt Nissan Motor Indonesia Booth Design At the Gaikindo Indonesia International Auto Show (Giias) As Brand Image for Pt Nissan Motor Indonesia. Agung Eko Budi Waspada Jurnal Seni & Reka Rancang, 4(2), 153–170.
Hanan, F. A., Sadri, N. B., & Yusup, N. Q. B. (2021). Customers’ Perception on Malaysian Street Food Quality. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(13), 73–87. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i13/8503
Hanggoro, H. T. (2013). Mula Pedagang Kaki Lima. Historia. https://historia.id/urban/articles/mula-pedagang-kaki-lima-D8mZv/page/1
Hapsari, K. C. (2019). Pedagang Bermotor: Karakteristik Baru Pedagang Kaki Lima di Kawasan Pendidikan Tembalang, Semarang. Jurnal Riptek, 11(1), 57-66.
Hendrassukma, D., Nediari, A., & Fanthi, R. (2020). Transformasi Gerobak Makanan Tradisional Pada Desain Konter Makanan Tradisional Betawi Di Pusat Jajan Tematik. Aksen : Journal of Design and Creative Industry, 4(2), 5–18. https://doi.org/10.37715/aksen.v4i2.1311
Irwansyah, R. (2021). Perilaku Konsumen. Widina Bhakti Persada Bandung.
Ismanidar, Amirullah, & Usman, S. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Pedagang Kaki Lima. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 147–157.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).
Kriteria Kios yang Menguntungkan. (2017). Medium. https://medium.com/@arsitag/kriteria-kios-yang-menguntungkan-dfa9856afde
Luthfi, I., Fidyat, F., & Karsono, B. (2022). Karakteristik Pedagang Kaki Lima Pada Ruang Publik (Studi Kasus: Alun-Alun Tengku Amir Hamzah Stabat). Rumoh: Journal of Architecture, 12(2), 90–99. https://doi.org/10.37598/rumoh.v12i2.220
Muhammad Hafil, M. (2024). APKLI: Pedagang Kaki Lima Perlu Literasi Digitalisasi Pembayaran. Republika. https://ekonomi.republika.co.id/berita/sgc59b430/apkli-pedagang-kaki-lima-perlu-literasi-digitalisasi-pembayaran
Norman, D. (2013). The Design of Everyday Things. Basic Books.
Nugraha, H., Nurhidayah, F., & Angelina, D. (2021). Desain Gerobak Pedagang Keliling pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 20(2), 72. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v20i2.11604
Primus, J. (n.d.). Muasal Kaki Lima, ada Utak-atik Bahasa. Retrieved January 28, 2025, from https://www.kompas.com/stori/read/2023/03/26/223301979/muasal-kaki-lima-ada-utak-atik-bahasa
Ramadhan, A. (2018). Representasi Gerobak Sepeda Sebagai Alat Pengangkut Barang Bekas. Jurnal Desain & Seni, 5(2), 1–62.
Ramadhani, I., Harahap, A. P., Lestari, S. I., Panjaitan, S. W., Utama, U. P., Medan, K., & Author, C. (2024). Designing An Exhibtion Booth for Gift Products from Local SMES in North Sumatra. 26(1).
Rosyadea, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Pedagang Kaki lima (PKL) Terhadap Fungsi Taman Di Taman Progo Semarang [Universitas Islam Sultan Agung]. https://repository.unissula.ac.id/25350/1/31201500741_fullpdf.pdf
Solikhin, A., Lubis, T. A., & Firmansyah, F. (2020). Nilai Hedonic dan Nilai Kegunaan Pada Bisnis Food Truck.
Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen (Ke-3). CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Utomo, T. P., & Mardjono. (2017). Rancang Bangun Desain Stand PKL Ngarsopuro Berbasis Ergokultural dengan Pemanfaatan Limbah Kayu Palet. Acintya: Jurnal Penelitian Seni Budaya, 9(1), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/acy.v9i1.2128
Yanuasri, A., & Sunaryo, B. (2015). Karakteristik Pedagang Kaki Lima “Pasar Tiban” Pada Koridor Pulutan, Jalan Lingkar Salatiga. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 11(2), 142. https://doi.org/10.14710/pwk.v11i2.10844
Yulius, K. G., Millenia, A. S., Sutarna, D. V., & Joselino, T. Y. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Atas Makanan Kaki Lima Sate Taichan Terhadap Minat Mengunjungi Kembali Di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Jurnal Bangun Manajemen, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i1.12
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.28838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Laurensius Windy Octanio Haryanto, Rahmania Almira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







