Analisis video iklan madu herbal Eyebost dengan SWOT dan AISAS untuk optimasi kampanye Meta ads
(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author
Abstract
Meta Ads adalah platform periklanan yang menggunakan sistem kampanye berbasis konten video iklan. Salah satu produk yang diiklankan adalah madu herbal Eyebost. Produk ini mengalami keuntungan dan kerugian dalam kampanye September dan Oktober 2024. Dengan permasalahan utama pada efektivitas konten video yang tidak mencapai target audiens berdasarkan data kampanye yang menunjukkan nol penjualan. Metode penelitian yang dilakukan berupa kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT dan model AISAS. pada konten video iklan madu herbal Eyebost. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi visual dan komunikasi dalam video iklan, serta mengidentifikasi faktor-faktor video konten iklan yang mempengaruhi keberhasilan penjualan. Dengan pendekatan AISAS, penelitian ini juga bertujuan untuk melacak perjalanan audiens dari melihat konten video iklan hingga melakukan pembelian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hasil konten iklan yang tidak menghasilkan daya tarik dengan angka 0 terhadap leads customer service dan juga terdapat pembeli yang cukup tinggi dengan total sekitar 130 konsumen yang membeli 227 produk, bahwa iklan yang memiliki testimoni dari dokter dengan menjelaskan penyakit mampu menciptakan awareness terhadap audiens yang berdampak terhadap penjualan di kampanye iklan. Penulis merekomendasikan konten iklan yang memiliki visual dan komunikasi yang baik serta memiliki tokoh kredibel yang digunakan untuk menyampaikan isi pesan iklan, tentunya iklan seperti ini akan mampu meningkatkan kepercayaan lebih terhadap konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alya, C. S. (2024, Oktober). Dashboard Iklan Madu Herbal Eyebost dari Customer Service. Meta Ads. https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager
Astuti, Y., & Fahmasari, D. I. (2017). Analisis Swot Pada Website Printer Jawa untuk Menentukan Peluang Belajar Budaya Jawa. Jurnal Teknologi Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta, 12.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. PERFORMA, 2(2), 142-150.
Gradiani, S. (2024). Literatur Review: Analisis Mengenai Facebook. JAMASTIKA, 3.
Iffada, A. R., Mansoor, A. Z., & Mustikadara, I. S. (2024). Pemetaan Model AISAS Dalam Kampanye Film “Pengabdi Setan 2: Communion.” Jurnal Desain Unindra, 11(2), 303. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17507
Manggaga, I. P. (2022). Analisis AISAS Selebriti Korea Dalam Iklan Produk Indonesia AISAS Analysis of Korean Celebrities in Indonesian Product Advertisement. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Pejuang, 4.
Oktimawati, N. Y. D., Primyastanto, M., & Abidin, Z. (2018). Analysis of Social Media Relations to the Decision of Visiting in the Ria Beach Recreation Park of Kenjeran, Surabaya by AISAS Method (Attention, Interest, Search, Action, Share). Economic and Social of Fisheries and Marine, 005(02), 129–143. https://doi.org/10.21776/ub.ecsofim.2018.005.02.02
Pratiwi, A. M., Sari, M. P., & Padmasari, A. C. (2024). Media promosi produk Mochipaw pada media sosial dalam bentuk video iklan. Jurnal Desain Unindra, 11(3), 559. https://doi.org/10.30998/jd.v11i3.20082
Rahmayanti, N. P., Tinggi, S., & Pancasetia, I. E. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 10(1).
Rusli, M. (2018). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-
Santoso, D. (2023, Oktober 1). Tutorial, Trik, & Tips Ads Tidak Boncos. Biar Stay Profit dan Budget Aman. https://kiriminaja.com/blog/tips-ads-tidak-boncos
Setyorini, H., Effendi, ud, & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Shimp. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pemasaran Terpadu Erlangga.
Soewardikoen, D. W. (2021). Metode Penelitian Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius. Yogyakarta.
Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3. http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id
Umayah, A. N., Ariyanto, A., & Yustisia, W. (2017). Pengaruh empati emosional terhadap perilaku prososial yang dimoderasi oleh jenis kelamin pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 72–83. https://doi.org/10.7454/jps.2017.7
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.26668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rojesh Mangaraja Soalohon Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







