Analisis Kampanye Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2017 Kabupaten Klaten

Angga Kusuma Dawami(1*), Yayah Rukiah(2), M. S. Andrijanto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Ajang peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) adalah ajang untuk organisasi difabel menunjukkan dirinya merupakan bagian dari masyarakat yang utuh. Semangat untuk menjadi setara merupakan semangat yang terus digaungkan dimanapun HDI dilakukan. Difabel Klaten merupakan salah satu merek persatuan difabel, yang berbentuk organisasi, namun menjadi merek perjuangan untuk organisasi-organisasi disabilitas di Kabupaten Klaten pada HDI Klaten 2017. Materi-materi kampanye yang diproduksi oleh Difabel Klaten menjadi corak tersendiri yang mewarnai HDI tahun 2017. Produksi visual pada Kampanye Sosial oleh Difabel Klaten memberikan gambaran yang menarik dalam mencerminkan dirinya sebagai salah satu merek dalam perjuangan advokasi dari yang pernah ada. Difabel Klaten memproduksi kampanye secara visual secara terstruktur, dari Logo, Maskot, E-Banner, dll. Tulisan ini membahas tentang analisis kampanye yang dilakukan oleh Difabel Klaten pada Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017 di Kabupaten Klaten. Dengan menggunakan deskriptif analitik, materi-materi kampanye Difabel Klaten dibahas secara komprehensif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat konsistensi atas ide-ide komunikasi visual yang diproduksi oleh Difabel Klaten; (2) adanya kesinambungan antar ide kreatif dengan semangat perjuangan Difabel yang dilihat dari logo, maskot, dan produksi visual lainnya.


Keywords


hari disabilitas internasional; kampanye; difabel klaten

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dawami, A. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 1(02), 133-141. Retrieved from http://www.magenta.mediakomtrisakti.ac.id/magenta/index.php/magenta/article/view/14

Hadiprawiro, Y. (2018). Desain Logo dan Maskot “Difabel Klaten” sebagai Brand Awarness Kampanye Sosial Peduli Masyarakat Disabilitas di Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Desain 5 (02), 135-144, Januari 2018

Jefkins, F. (1997). Periklanan, Cetakan Pertama, Edisi Ketiga, Jakarta; PT. Erlangga.

Kenney, K. (2009). Visual Communication Research Design. New York: Routledge

Koffka, K.., Wertheimer, M., Köhler, W. (1923). Investigation Gestalt Theory. New Jersey: John Wiley

Listya, A. & Dawami, A. K.. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain 5 (02), 61-73, Januari 2018.

Sihombing, D. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Untarni, F. A., & Rahman, Y. (2016). Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Bapusipda di Kota Bandung. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 134-145.doi:10.25124/demandia.v1i02.27




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Angga Kusuma Dawami, Yayah Rukiah, M. S. Andrijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics