Papercraft sebagai metode pembelajaran daya bayang ruang pada mahasiswa dengan menggunakan software blender
(1) Universitas Kristen Maranatha
(2) Universitas Kristen Maranatha
(3) Universitas Kristen Maranatha
(*) Corresponding Author
Abstract
Papercraft merupakan seni kerajinan tangan berbahan dasar kertas yang dilakukan dengan cara menggunting, melipat, dan menempel. Jenis kerajinan ini dianggap mampu meningkatkan kemampuan motorik dan melatih pemahaman bangun ruang tiga dimensi. Hal ini berkesinambungan dengan kondisi mahasiswa yang memiliki kesulitan untuk dapat memahami daya bayang bangun ruang tiga dimensi. Peneliti melihat adanya potensi dari skillset papercraft yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi pada metode pembelajaran untuk dapat memenuhi kekurangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan daya bayang mahasiswa dan proses perubahan gambar datar menjadi model digital, serta merealisasikannya ke dalam wujud fisik tiga dimensi dengan menggunakan metode papercraft. Peneliti menggunakan metode kualitatif desktriptif untuk menjabarkan hasil eksplorasi tugas perkuliahan mahasiswa mengenai proses transformasi gambar dua dimensi menjadi bangun ruang tiga dimensi yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software Blender. Hasil transformasi ini akan menghasilkan bentuk bangun ruang tiga dimensi berdasarkan acuan studi image awal. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat metode pembelajaran alternatif yang dapat diaplikasikan pada materi perkuliahan untuk dapat melatih kemampuan daya bayang ruang mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental research dalam metodologi pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465-474.
Angginingsih, N. N., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menggunting pada anak usia dini melalui media papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 277-284.
A'yunin, Q., & Padilah. (2023). Pengaruh permainan papercraft terhadap kreativitas pada anak usia dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 45-54.
Blender. (26. March 2024). (Blender Studio) Abgerufen am 14. May 2024 von https://www.blender.org/download/requirements/
Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat bermain papercraft dalam mengingkatkan kreativitas berpikir pada anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76-93.
Hikmayani, A. S. (2017). Meningkatkan kemampuan visual spasial anak melalui kegiatan kirigami. JESA: Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(2), 44-54.
Joang, H. R. (2017). Animasi 3 Dimensi. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kele?o?lu, M. M., & Özer, D. G. (2021). A study on digital low poly modeling methods as an abstraction tool in design processes. Civil Engineering and Architecture, 9(7), 2570 - 2586.
Marselia, M., & Meysiana, C. (2021). Pembuaran animasi 3D sosialisasi pengunaan jalur simpangan dan bundaran etika berkendara. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 2(2), 104-112.
Octarini, D., & Rambe, I. H. (2020). Pendekatan eksplorasi untuk mengembangkan kemampuan self-regulated learning (SRL) matematika siswa SMP. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 8-15.
Rochman, M. F. (2012). Blender 3D untuk pendidikan animasi. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(3), 17-24.
Rustanuarsi, R. (2023). Kemampuan spasial mahasiswa program studi tadris matematika dalam materi geometri transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 705-714.
Sahara, R. I., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis kesulitan siswa materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahap berpikir van hiele. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 911-920.
Saputra, H. (2018). Kemampuan Spasial Matematis. 1-8. doi:10.17605/OSF.IO/JFWST
Sriwahyuni, E., & Nasriah. (2021). Pengaruh menggambar terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun” di tk Daruz Zikra Medan Tuntungan TA 2019/2020. Jurnal Usia Dini, 7(1), 37-37.
Sutikno, M. S. (2019). Metode & model-model pembelajaran. Lombok: Holistica.
Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 353-364.
Tappeh, Z. S., & Peng, Q. (2021). Simplification and unfolding of 3D mesh models: Review and evaluation. 31st CIRP Design Conference 2021. Winnipeg.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.24702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arnold Maximillian, Lisa Levina Krisanti Jonatan, Muhammad Irfan Nurrachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.