Perancangan ambient media dropbox pakaian kampanye aksi cegah fast fashion di Surabaya

Evinda Kurnia Rizki(1*), Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian(2), Widyasari Widyasari(3)

(1) UPN "Veteran" Jawa Timur
(2) UPN "Veteran" Jawa Timur
(3) UPN "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Sampah kain bersumber salah satunya dari industri pakaian merupakan penyumbang kerusakan lingkungan yang disebabkan pergeseran makna akibat majunya teknologi dan tren yang selalu up to date. Ciri dari fenomena ini mengacu pada fast fashion yang memiliki ciri khas siklus produk pendek, mengikuti tren, dan harga terjangkau yang menyebabkan hyper-consumption. Waste4Change menyebutkan bahwa Indonesia memproduksi 33 juta ton pakaian setiap tahunnya serta menghasilkan pula limbah tekstil yang terbuang dan mengotori lingkungan hampir satu juta ton. Kerusakan lingkungan seperti pencemaran air dan penyumbang emisi karbon terbesar di dunia, menggunakan banyak bahan kimia, serta eksploitasi buruh di negara berkembang. Fast fashion akan terus berkembang karena tren dan populasi manusia yang bertambah, Surabaya merupakan salah satu wilayah yang berpotensi terpapar fast fashion, maka dari itu diadakanlah kampanye edukasi Aksi Cegah Fast Fashion dan dipromosikan menggunakan ambient media dropbox pakaian. Menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara, focus group discussion, observasi) dan kuantitatif (kuesioner), kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menjabarkan data dan big idea yang dimanfaatkan guna mendesain dropbox pakaian. Tujuan ambient media dropbox pakaian ini untuk mempromosikan kegiatan kampanye Aksi Cegah Fast Fashion serta turut mengajak audiens aktif berpartisipasi dalam meminimalisir limbah pakaian.

Keywords


Fast Fashion; Ambient Media; Dropbox Pakaian

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023). 10 negara penghasil sampah terbesar di dunia, ada Indonesia. Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/26/10-negara-penghasil-sampah-terbesar-di-dunia-ada-indonesia

Bachtiar, M. H. (2023). Perancangan buku ilustrasi interaktif tentang ikan Hiu di Indonesia untuk anak usia 6-12 tahun sebagai media pelestarian lingkungan. (Tugas Akhir Sarjana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). http://repository.upnjatim.ac.id/14702/

Bailey, K., Basu, A., & Sharma, S. (2022). The environmental impacts of fast fashion on water quality: a systematic review. Water, 14(7), 1073. https://doi.org/10.3390/w14071073

Balqies, A. K., & Jupriani, J. (2022). Campaign “thrifting” sebagai solusi limbah fashion. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(2), 186. https://doi.org/10.24036/dekave.v12i2.117314

BPS Kota Surabaya. (2020). Hasil sensus penduduk 2020 kota Surabaya. Berita Resmi Statistik, 02, 1–5. https://surabayakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/29/225/hasil-sensus-penduduk-2020-kota-surabaya.html

Central Intelligence Agency. (2022). Indonesia - the world factbook. In Central Intelligence Agency (hal. 4). https://www.cia.gov/the-world-factbook/countries/indonesia/

Defitri, M. (2023). Apa Itu fast fashion? Waste4Change. https://waste4change.com/blog/apa-itu-fast-fashion/

Diantari, N. K. Y. (2021). Tren new normal pada industri fast fashion di Indonesia : Adaptasi fast fashion di masa pandemi. Bhumidevi: Journal of Fashion Design, I(1), 68–75.

Fatmawati. (2021). Kampanye politik sebuah pendekatan fenomenologi. Banyumas: Amerta Media.

Febsiana, F. (2020). Pemberian edukasi tentang perilaku pengolahan makanan sehat (khususnya dalam penggunaan minyak goreng) untuk pencegahan kadar kolesterol pada ibu rumah tangga. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Fransiska, M., Nugraheni, O., Windiani, R., & Wahyudi, F. E. (2022). Tanggung jawab kapitalis: strategi H&M menanggulangi dampak negatif industri fast fashion. Journal of International Relations Diponegoro, 8(3), 396-407. https://doi.org/10.14710/jirud.v8i3.34486

Fraser, E., & van der Ven, H. (2022). Increasing transparency in global supply chains: The case of the fast fashion industry. Sustainability, 14(18), 11520. https://doi.org/10.3390/su141811520

Indrasari, Y. (2020). Efesiensi saluran distribusi pemasaran kopi rakyat di desa Gending Waluh Kecamatansempol (IJEN) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2022). SIPSN - sistem informasi pengelolaan sampah nasional KemenLHK. Data Pengelolaan Sampah & RTH. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Kurniawan, D. A. (2021). Langkahku masa depanku (kajian antologi budaya antikorupsi) (I. B. Raharjo (ed.)). CV Srikandi Kreatif Nusantara.

Kurniawan, Y. A. (2023). Perancangan Kampanye Sosial Cegah Diabetes Melitus Untuk Usia 16-24 Tahun. (Tugas Akhir Sarjana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). https://repository.upnjatim.ac.id/10467/

Kurniawan, Y. A., El Chidtian, A. S. C. R., & Yani, A. R. (2023). Perancangan ambient media sebagai media kampanye sosial “Sidoarjo anti diabetic” untuk remaja usia 16-24 tahun. Jurnal Education and Development, 11(2), 348–354. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.5018

Laksana, N. C. (2020). Pable, startup pengolah limbah tekstil jadi bahan siap pakai. Tek.id. https://www.tek.id/future/pable-startup-pengolah-limbah-tekstil-jadi-bahan-siap-pakai-b1ZWS9jsm

Masnuna, & Romadhonna, M. (2020). Media cetak dengan teknik sablon press (1 ed.). Indomedia Pustaka.

Murwonugroho, W. (2020). Laporan penelitian rhetorika visual pada ambient media menggugah daya tarik visual dan efektivitas pesan iklan [Universitas Trisakti]. http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/Naskah_Penelitian_final_-_Rehtorika_Visual_-_Wegig.pdf

Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(2), 159–165. https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.796

Rizal, Juliansyah. (2021). Rahasia mewarnai hari berujung prestasi: Bikin harimu inspiratif, kreatif & gak repeat itu itu aja. KBM Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Rahasia_Mewarnai_Hari_Berujung_Prestasi/OSYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Shihab, S., & Amitra, A. (2022). Unlocking fashion , sustainability , & circular economy. In Tinkerlust Impact Report 2022. https://www.tinkerlust.com/impact-report/fashion-impact-report.pdf

Solicitor C.R.E.C, A., Putra, D. M., Huwaidaa Hapsari, R., Dewi, M. K., Rahmanzah, G. A., Adiguna P, A., & Fathqurrahman J, F. (2019). Kampanye sosial memilah dan mengolah sampah organik maupun anorganik di dusun Pucukan. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.31091/sw.v7i1.680

Sutejo, A., Widyasari, Chidtian, A. S. C. R. El, & Nisa, D. A. (2020). Free of waste river concept with social campaign creative strategy. IICACS : International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies, 3(Iicacs 2019), 135–142. https://doi.org/10.33153/iicacs.v3i1.28

Yoon, N., Lee, H. K., & Choo, H. J. (2020). Fast fashion avoidance beliefs and anti-consumption behaviors: the cases of Korea and Spain. Sustainability, 12(17), 5–7. https://doi.org/10.3390/SU12176907




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.23035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Evinda Kurnia Rizki, Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian, Widyasari Widyasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics