Perancangan ambient media dropbox pakaian kampanye aksi cegah fast fashion di Surabaya
(1) UPN "Veteran" Jawa Timur
(2) UPN "Veteran" Jawa Timur
(3) UPN "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahdiat, A. (2023). 10 negara penghasil sampah terbesar di dunia, ada Indonesia. Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/26/10-negara-penghasil-sampah-terbesar-di-dunia-ada-indonesia
Bachtiar, M. H. (2023). Perancangan buku ilustrasi interaktif tentang ikan Hiu di Indonesia untuk anak usia 6-12 tahun sebagai media pelestarian lingkungan. (Tugas Akhir Sarjana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). http://repository.upnjatim.ac.id/14702/
Bailey, K., Basu, A., & Sharma, S. (2022). The environmental impacts of fast fashion on water quality: a systematic review. Water, 14(7), 1073. https://doi.org/10.3390/w14071073
Balqies, A. K., & Jupriani, J. (2022). Campaign “thrifting” sebagai solusi limbah fashion. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(2), 186. https://doi.org/10.24036/dekave.v12i2.117314
BPS Kota Surabaya. (2020). Hasil sensus penduduk 2020 kota Surabaya. Berita Resmi Statistik, 02, 1–5. https://surabayakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/29/225/hasil-sensus-penduduk-2020-kota-surabaya.html
Central Intelligence Agency. (2022). Indonesia - the world factbook. In Central Intelligence Agency (hal. 4). https://www.cia.gov/the-world-factbook/countries/indonesia/
Defitri, M. (2023). Apa Itu fast fashion? Waste4Change. https://waste4change.com/blog/apa-itu-fast-fashion/
Diantari, N. K. Y. (2021). Tren new normal pada industri fast fashion di Indonesia : Adaptasi fast fashion di masa pandemi. Bhumidevi: Journal of Fashion Design, I(1), 68–75.
Fatmawati. (2021). Kampanye politik sebuah pendekatan fenomenologi. Banyumas: Amerta Media.
Febsiana, F. (2020). Pemberian edukasi tentang perilaku pengolahan makanan sehat (khususnya dalam penggunaan minyak goreng) untuk pencegahan kadar kolesterol pada ibu rumah tangga. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Fransiska, M., Nugraheni, O., Windiani, R., & Wahyudi, F. E. (2022). Tanggung jawab kapitalis: strategi H&M menanggulangi dampak negatif industri fast fashion. Journal of International Relations Diponegoro, 8(3), 396-407. https://doi.org/10.14710/jirud.v8i3.34486
Fraser, E., & van der Ven, H. (2022). Increasing transparency in global supply chains: The case of the fast fashion industry. Sustainability, 14(18), 11520. https://doi.org/10.3390/su141811520
Indrasari, Y. (2020). Efesiensi saluran distribusi pemasaran kopi rakyat di desa Gending Waluh Kecamatansempol (IJEN) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2022). SIPSN - sistem informasi pengelolaan sampah nasional KemenLHK. Data Pengelolaan Sampah & RTH. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Kurniawan, D. A. (2021). Langkahku masa depanku (kajian antologi budaya antikorupsi) (I. B. Raharjo (ed.)). CV Srikandi Kreatif Nusantara.
Kurniawan, Y. A. (2023). Perancangan Kampanye Sosial Cegah Diabetes Melitus Untuk Usia 16-24 Tahun. (Tugas Akhir Sarjana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). https://repository.upnjatim.ac.id/10467/
Kurniawan, Y. A., El Chidtian, A. S. C. R., & Yani, A. R. (2023). Perancangan ambient media sebagai media kampanye sosial “Sidoarjo anti diabetic” untuk remaja usia 16-24 tahun. Jurnal Education and Development, 11(2), 348–354. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.5018
Laksana, N. C. (2020). Pable, startup pengolah limbah tekstil jadi bahan siap pakai. Tek.id. https://www.tek.id/future/pable-startup-pengolah-limbah-tekstil-jadi-bahan-siap-pakai-b1ZWS9jsm
Masnuna, & Romadhonna, M. (2020). Media cetak dengan teknik sablon press (1 ed.). Indomedia Pustaka.
Murwonugroho, W. (2020). Laporan penelitian rhetorika visual pada ambient media menggugah daya tarik visual dan efektivitas pesan iklan [Universitas Trisakti]. http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/Naskah_Penelitian_final_-_Rehtorika_Visual_-_Wegig.pdf
Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(2), 159–165. https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.796
Rizal, Juliansyah. (2021). Rahasia mewarnai hari berujung prestasi: Bikin harimu inspiratif, kreatif & gak repeat itu itu aja. KBM Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Rahasia_Mewarnai_Hari_Berujung_Prestasi/OSYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Shihab, S., & Amitra, A. (2022). Unlocking fashion , sustainability , & circular economy. In Tinkerlust Impact Report 2022. https://www.tinkerlust.com/impact-report/fashion-impact-report.pdf
Solicitor C.R.E.C, A., Putra, D. M., Huwaidaa Hapsari, R., Dewi, M. K., Rahmanzah, G. A., Adiguna P, A., & Fathqurrahman J, F. (2019). Kampanye sosial memilah dan mengolah sampah organik maupun anorganik di dusun Pucukan. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.31091/sw.v7i1.680
Sutejo, A., Widyasari, Chidtian, A. S. C. R. El, & Nisa, D. A. (2020). Free of waste river concept with social campaign creative strategy. IICACS : International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies, 3(Iicacs 2019), 135–142. https://doi.org/10.33153/iicacs.v3i1.28
Yoon, N., Lee, H. K., & Choo, H. J. (2020). Fast fashion avoidance beliefs and anti-consumption behaviors: the cases of Korea and Spain. Sustainability, 12(17), 5–7. https://doi.org/10.3390/SU12176907
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.23035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Evinda Kurnia Rizki, Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian, Widyasari Widyasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.