Analisis pengembangan permainan anak usia dini Titian dengan pendekatan storytelling

Anggiat Manuel(1*), Yanuar Rahman(2), Rizki Yantami Arumsari(3)

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan anak usia dini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk individu secara holistik, termasuk aspek kognitif, sosial, dan emosional. Permainan menjadi elemen krusial dalam proses ini, bukan hanya sebagai aktivitas hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan permainan anak usia dini Titian, khususnya dalam konteks Alas Tangkas, sebagai alat pendidikan yang efektif. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan fokus pada analisis visual melalui pendekatan storytelling. Desain permainan ini memanfaatkan elemen-elemen visual yang menarik perhatian, seperti penggunaan warna, tipografi, komposisi, grafis, kontras, dan konsistensi. Analisis juga melibatkan pengamatan terhadap penggunaan teks dan gambar, serta pengaruh warna dan kontras terhadap mood dan emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Alas Tangkas memiliki potensi untuk meningkatkan fungsinya sebagai alat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mendukung anak-anak agar dapat bermain secara aktif, kreatif, dan produktif dalam rangka mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya permainan dalam pendidikan anak usia dini dan menyediakan dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini.

Keywords


Perkembangan anak usia dini; Motorik kasar; Permainan pendidikan; Analisis visual; Pendekatan storytelling

Full Text:

PDF

References


Adhani, D. N., & Hidayah, I. T. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional ular-ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 137-146. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3561

Adriani, F. V., Marmawi, R., & Amalia, A. (2021). Strategi penanaman nilai kejujuran pada anak usia 5-6 tahun di Tk Negeri Pembina Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(3), 1177-1184. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45626

Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya meningkatkan kosa kata pada anak usia dini melalui permainan tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951

Chandra, W. E. S., & Eliza, D. (2020). Pengaruh permainan magic card terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 820-830. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/460

Dahlan, D. N. A. (2019). Identifikasi dan optimalisasi permainan outdoor dalam pembelajaran pada taman kanak-kanak di desa Bakungan kecamatan Loa Janan. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1488

Failsofah. (2019). Total physical response-storytelling salah satu pendekatan komunikatif pada pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 9(2), 60-65. https://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/349

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui permainan tradisional gobak sodor. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2).

Kholidah, N., & Fatima, M. (2022). Media alat permainan edukatif pohon malaikat dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 2(01). https://doi.org/10.59174/mqs.v2i01.25

Nirmala, A. &. (2018). Permainan tradisonal sebagai upaya menstimulus tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 31-38. https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32406

Rahman, Y., Arumsari, R. Y., & Azhar, D. A. (2020). Perancangan purwarupa kartu belajar bertekstur sebagai media untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 5(01), 128-143. https://doi.org/10.25124/demandia.v5i01.2729

Safitri, S., & Izzati, I. (2021). Pelaksanaan pengembangan motorik kasar anak usia dini di taman kanak-kanak Harapan Pangian Lintau Buo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 141. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.986

Travelancya, T. (2021). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di raudlatul athfal Ihyaul Islam Prasi Gading. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1). https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1541

Widiyarto, S., Setyowati, L., Mubasyira, M., Rizkiyah, N., Sandiar, L., & Sartono, L. N. (2023). Efektivitas story telling dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri 6 kota Bekasi. Journal on Education, 5(4), 16334-16341. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1396

Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan sastra untuk siswa taman kanak-kanak (studi kasus pada tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467–478. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3796




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.22976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggiat Manuel, Yanuar Rahman, Rizki Yantami Arumsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics