Kampanye keberagaman dan toleransi melalui kertas bercerita TaRa untuk anak-anak di Denpasar
(1) Institut Desain dan Bisnis Bali
(2) Institut Desain dan Bisnis Bali
(3) Institut Desain dan Bisnis Bali
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberagaman dapat terjadi karena adanya perbedaan di antara masyarakat. Tentunya dalam hal ini di mana seseorang berpijak selalu akan menemukan perbedaan. Mulai dari suku, ras, agama, dan hal lainnya. Namun, di balik perbedaan tersebut jika bisa diimbangi dengan menjunjung tinggi rasa toleransi bisa memberikan sebuah dampak yang begitu positif untuk diri sendiri sebagai pribadi dan juga bagi diri orang lain. Melihat masifnya pergerakan sifat intoleransi yang mencuat, maka perlu adanya sebuah implementasi nyata yang bertujuan membangun “filter” pada hal destruktif tersebut dan menaikkan keindahan kebhinekaan dalam benak anak usia dini. Dengan berpusat di area Denpasar, implementasi ini disebut “TaRa!” (Kertas Bercerita) yang menerapkan metode kualitatif dengan pedekatan deskriptif yang bertujuan untuk menghasilkan deskripsi berupa kata-kata. Melalui pendekatan ini, dilakukan kajian mengenai tindakan sosial alamiah yang menekankan pada cara orang menafsirkan dan memahami pengalaman dalam realitas sosial. Implementasi dari media ini akan terwujud dari sebuah kertas yang di dalamnya berisi berbagai ilustrasi yang mendukung nilai-nilai positif akan makna keberagaman dan toleransi. Hasil penanaman nilai positif akan indahnya keberagaman dalam jangka panjang serta yang menjadi benteng pertama pertahanan diri dari segala hal yang bersifat destruktif dan intoleran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, R., Syafikarani, A., Supriadi, O. A., Komariah, S. H., & Sumarlin, R. (2022). Sosialisasi Kampanye PROKES (Program Kembali Ke Sekolah): Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Pandemi Covid-19 di SMP Bina Taruna Bandung. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1094-1100.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018, November). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 1, No. 1).
Badar, T. I. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Duija, I. N. (2011). Tradisi Lisan Maritim Sebagai Kekuatan Kultural Masyarakat Bali. Dalam Jurnal ATL. Edisi V April, 29-41.
Dwiranti, F. (2021). pendidikan kesehatan berbasis gambar untuk pencegahan kecacingan bersumber tanah di Papua Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).
Forst, R. (2013). Toleration in Conflict: Past and Present. Ciaran Cronin: Cambridge University Press.
Forst, R. (2017). Toleration dalam Stanford Encyclopedia of Philosophy (online) https://plato.stanford.edu/entries/toleration/, Dipublikasikan pertama kali pada Februari 23, 2007; dan revisi substantif pada Jul 12, 2017
Harudin, M., Khaidir, K., & Natsir, H. R. A. (2020). Merawat Keberagaman Menjaga Toleransi Meneropong Peran Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sikka. Academy of Education Journal, 11(2), 168-181.
Hendri, H. I., & Firdaus, K. B. (2021). Resiliensi Pancasila Di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial Dalam Menjawab Tantangan Isu Intoleransi. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 36-47.
Maulani, A. (2012). Tranformasi Learning dalam Pendidikan Multikultural Keberagaman. Jurnal pembangunan pendidikan: Fondasi dan aplikasi, 1(1).
Nurhakim, N., Adriansyah, M. I., & Dewi, D. A. (2024). Intoleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 50-61.
Sudaryanto, A. (2023). Pengertian Kertas [online] http://www.arisudaryatno.blogspot.co.id. (Diakses: 2 April 2023)
Sumargi, A. M., Prasetyo, E., & Adhyatma, M. D. R. (2021). Kampanye pengasuhan positif melalui buku kecil (Booklet) kepada orangtua dari anak prasekolah di Surabaya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 140-146.
Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).
Pratama, I.G.Y. (2020). Proses Kreatif dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Melalui Rangkaian Acara Clinic Design-Std Bali Design Week. Jurnal Lentera Widya 2(1), 9-14.
Pratama, I. G. Y. (2021). Kajian Bahasa Rupa Budaya Mesatua Bali Dalam Cerita Bergambar. Jurnal Bahasa Rupa, 5(1), 112-121.
Pratama, I. G. Y. (2021). Video Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Media Komunikasi Kaum Difabel. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 17-22.
Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(2).
Putri, A. D., & Suryana, D. (2022). Teori-Teori Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12486-12494.
Putra, B.J. Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Ditinjau dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora, 1.(1), 1-5.
Yudha, A. A. N. B. K. (2020, March). Langkah cinta penuh derita etnis Tionghoa di Indonesia. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, pp. 47-56).
Yudha, A. A. N. B. K. (2021, April). Pembangunan Industri Perfilman Bali Dengan Konsep Bekerja Tulus Ikhlas Khas Kearifan Bali Yang Bernilai Ekonomis. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 4, pp. 1-8).
Yudha, A. A. N. B. K., & Dinata, R. D. S. (2023). Refleksi Situasi Sosial Budaya Masyarakat Bali Melalui Analisa Film Dokumenter Karya Mahasiswa/I IDB Bali. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3592-3606.
https://www.gramedia.com/literasi/toleransi/#Toleransi_adalah_Sikap_yang_Penting_untuk_Diterapkan_Sehari-hari. (Diakses: 2 Arpil 2023)
https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/buku/Menumbuhkan%20Toleransi.pdf. (Diakses: 2 April 2023)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.22469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 I Gede Yudha Pratama, Anak Agung Ngurah Bagus Kesuma Yudha, Gioavanni Rachmat Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.