Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten

Ariefika Listya(1*), Angga Kusuma Dawami(2)

(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tidak hanya organisasi berorientasi profit, organisasi non profit juga memerlukan logo, agar dapat membedakan dirinya dengan entitas organisasi yang lain. Ketidakadaan identitas visual salah satu organisasi difabel di Klaten Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD), menyebabkan persepsi masyarakat kepada organisasi tersebut hanya sebatas ada kegiatan, namun tidak terposisikan dengan baik dalam benak komunitas lain yang lebih luas. Studi ini membahas tentang bagaimana merancang logo dan implementasinya pada beberapa media secara konsisten sesuai dengan identitas dari entitas Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, tulisan ini memberikan gambaran bahwa merancang logo organisasi non profit terkait difabel khususnya FKMPD memerlukan proses yang sama dengan merancang logo organisasi berorientasi profit pada umumnya. Penelitian berbasis perancangan ini menghasilkan logo FKMPD Klaten yang bertipe logotype guna menekankan nama FKMPD dimana huruf K merupakan representasi ikon orang yang bersemangat dan penuh harapan serta huruf M yang merupakan penggabungan dari simbol hati merepresentasikan wujud kepedulian terhadap kesetaraan difabel dengan non difabel.


Keywords


logo; difabel; organisasi non profit; komunikasi visual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bonardo, M. A. (2015). Komodifikasi disabilitas sebagai tayangan populer di televisi. Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.

Cenadi, C. S. (1999). Elemen-elemen dalam desain komunikasi visual. Nirmana, 1(1).

Farhana, M. (2012) Brand elements lead to brand equity: Differentiate or die. Information Management and Business Review, 4(4), 223-233.

Hardy, G. (2011). Smashing logo design: The art of creating visual identities. Chichester, John Willey and Sons Ltd.

Kirk, L. (2013). Visual branding in graphic design. (honors theses). University of Southern Missisippi.

Listya, A. (2016). Bukan sekedar hiasan: gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat. Jurnal Desain, 3(02), 107-117.

Van den Bosch, A. L., De Jong, M. D., & Elving, W. J. (2006). Managing corporate visual identity: Exploring the differences between manufacturing and service, and profit-making and nonprofit organizations. The Journal of Business Communication (1973), 43(2), 138-157.

https://pbs.twimg.com/profile_images/573044441771995136/Za31vmam.jpeg

https://komunita.id/wp-content/uploads/2016/09/Logo_OHANA-300x300-300x300.jpg

https://www.solider.or.id/sites/default/files/logo_sigab.png

https://komunita.id/wp-content/uploads/2017/01/GERKATIN-Semarang-420x300.jpg

https://4.bp.blogspot.com/-OcolQgUGqH8/V61vJ4dTBaI/AAAAAAAAC_U/if9Tajp4Jzs9whavEYsPuBAvxt-nJlpMQCPcB/s1600/LOGO%2BSEHATI.png




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i02.2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ariefika Listya, Angga Kusuma Dawami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics