Kajian visual produk merchandise pada museum di Jakarta

Ayu Fitriani(1), Morinta Rosandini(2*)

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Museum merupakan tempat wisata budaya, beberapa museum memiliki produk merchandise. Produk merchandise merupakan produk yang dapat dijadikan cendera mata maupun kenang-kenangan untuk pengunjung museum. Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara atau Museum MACAN), Museum Bank Indonesia, dan Museum Fatahillah sudah memiliki merchandise yang memiliki karakter kuat dan memperhatikan identitas visual melalui prinsip, unsur, serta penggayaan desain yang mengikuti tren sehingga terlihat menarik secara visual dan menarik perhatian pengunjung. Sehingga perlu dilakukan kajian visual lebih lanjut terhadap produk yang sudah dihasilkan dalam upaya melihat potensi visual dari produk merchandise. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menerapkan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Proses pengkajian visual pada produk merchandise ini dilakukan berdasarkan prinsip dan unsur desain. Hasil dari kajian ini adalah prinsip desain kesatuan dan hirarki visual serta unsur desain berupa bentuk dan warna adalah yang paling banyak digunakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memberikan referensi dan rekomendasi kepada para desainer maupun pihak museum untuk membuat produk merchandise dan membuat inovasi baru pada visual produk sesuai dengan prinsip desain dan unsur desain yang banyak digunakan dari produk merchandise yang sudah ada pada beberapa museum di Jakarta.

Keywords


Merchandise; Visual; Museum Jakarta

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Prajono. (2017). Pengaruh suasana toko dan keanekaragaman produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen toserba Maya di kec. Randublatung kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 39–43.

Amalia, R., & Bastaman, W. N. U. (2020). Perancangan motif untuk diaplikasikan pada aksesoris fashion sebagai merchandise untuk yayasan Mataharikecil. Fashion Design, 7(2), 3803.

Anggraeni, J., Paramita, P. D., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh keanekaragaman produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap dap impulse buying di butik Cassanova Semarang. Journal of Management, 2(2), 20.

Hartoko, A. (2011). Desain merchandise pilihan. PT Elex Media Komputindo.

Hasanudin, D., & Adityawan, O. (2020). Perkembangan flat design dalam web design dan User Interface (UI). Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 5(2), 134–144.

Junaid, I. (2017). Museum dalam perspektif pariwisata dan pendidikan. Sosialisasi Museum, 20 November 2017 Museum La Galigo Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, November, 1–15.

KBBI. (2012). Museum.

Kemendikbud. (2023). Jumlah Museum Per-Provinsi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (sixteenth). Harlow: Pearson Education, 2016.

Luhur, F. E. (2018). Perancangan identitas visual dan merchandise museum store “Geo Museum Store”. (Thesis Magister, Institut Teknologi Bandung).

Nugraha, R. N., & Rosa, P. D. (2022). Pengelolaan museum Bahari sebagai daya tarik wisata edukasi di Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6477–6486.

Schlüter, R. G. (2002). The role of t-shirts in the creation of tourist destination images. Studies and Perspectives in Tourism, 11, 5–19.

Istiqomah. (2010). Perilaku konsumsi wisatawan domestik dalam wisata budaya di kota Solo. (Skripsi Sarjana, Universitas Sebelas Maret).

Suyanto, M. (2004). Aplikasi desain grafis untuk periklanan dilengkapi sampel iklan terbaik kelas dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjahjopurnomo, R. (2011). Sejarah permuseuman di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wulandari, D. A., & Febriani, R. (2019). Perancangan produk tekstil merchandise untuk komunitas into the light menggunakan teknik rekalatar. Agustus, 6(2), 2311–2315.

Yulianto, K., Susantio, D., Arainikasih, A. A., Sulistyowati, D. (2013). Museum Tematik Di Indonesia (S. Wasono (ed.)). Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.21087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Fitriani, Morinta Rosandini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics