Semiotika Komunikasi Visual pada Kampanye Media Daring Organisasi Difabel Akar Tuli

Angga Kusuma Dawami(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI - Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Organisasi difabel menciptakan produk-produk kampanye media daring yang diproduksi guna membantu komunikasi visual mereka untuk mencapai tujuan organisasinya. Akar Tuli merupakan salah satu organisasi difabel Tuli yang menggunakan sosial media pada media daring untuk mempublikasikan karya-karya kampanyenya. Tulisan ini membahas tentang bagaimana semiotika komunikasi visual dari kampanye digital yang dilakukan oleh Akar Tuli. Dengan menggunakan pendekatan semiotika, dan analisis semiotika komunikasi visual, karya-karya kampanye digital Akar Tuli mampu diklasifikasikan berdasarkan tanda, kode, dan makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa ketiga iklan yang telah dibahas dalam tulisan dengan menggunakan semiotika komunikasi visual menunjukkan adanya kode-kode kebudayaan, simbolik, dan narasi dalam menampilkan poster digital mereka. Wacana-wacana yang mendalam dari kampanye media daring yang telah dipaparkan belum menunjukkan kedalaman materi yang diangkat dalam kampanye. Hanya sebagai sebuah peringatan hari besar, atau sebuah momen, atau hanya sebagai undangan terbuka. Produksi iklan yang berperan sebagai tanda, dapat dilihat sebagai sebuah gejala komunikasi visual yang dapat dibaca serta ditafsirkan guna menjadi sebuah ilmu pengetahuan untuk komunitas difabel itu sendiri atau masyarakat lebih luas. Selain itu juga membuktikan bahwa difabel tidak hanya sekedar menjadi obyek charity, namun menjadi subyek yang juga berperan dalam masyarakat secara luas


Keywords


semiotika; komunikasi visual; difabel; akar tuli

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dawami, Angga Kusuma. "Logo Sebagai Komunikasi Visual Dari Identitas Organisasi Difabel Tuli." Magenta| Official Journal STMK Trisakti, vol. 1, no. 02, 2017, pp. 133-141, http://magenta.trisaktimultimedia.ac.id/magenta/index.php/magenta/article/view/14

Dawami, Angga Kusuma et al. "Analisis Kampanye Hari Disabilitas Internasional (Hdi) Tahun 2017 Kabupaten Klaten." Jurnal Desain, vol. 6, no. 01, 2019, pp. 1-9, doi:http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2620.

Rahayu, Sri. Untuk Apa Seni? Pada Artikel Desain Dan Ruhnya Kini. Matahari, 2014.

Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo. Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. CAPS, 2015.

Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda Dan Makna Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jalasutra, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i01.2084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Angga Kusuma Dawami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics