Gambar anak berkebutuhan khusus sebagai inspirasi motif batik (Studi kasus: seragam sekolah khusus Pelita Bunda Samarinda)

Omera Medinati Mutiah(1*), Ahda Yunia Sekar(2), Muhammad Sigit Ramadhan(3)

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang motif batik pada seragam siswa Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda dengan inspirasi dari gambar yang dihasilkan oleh anak berkebutuhan khusus. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, studi literatur, dan eksplorasi desain. Proses perancangan dilakukan dengan mengadaptasi elemen visual dari gambar anak berkebutuhan khusus ke dalam motif batik melalui teknik batik cap.  Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan motif batik yang terinspirasi dari hasil gambar anak berkebutuhan khusus sebagai identitas pada seragam Sekolah Khusus Pelita Bunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif batik yang dirancang tidak hanya mencerminkan identitas unik sekolah tetapi juga mampu memperkuat rasa kebanggaan siswa terhadap sekolah.  Luaran penelitian ini berupa rancangan motif batik yang terinspirasi dari kumpulan gambar anak berkebutuhan khusus dari siswa-siswi Sekolah Khusus Pelita Bunda, yang dikomposisikan sesuai karakteristik batik seragam sekolah. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan seragam yang mencerminkan identitas khas Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda.


Keywords


Seragam; Motif; ABK; Sekolah Khusus Pelita Bunda

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. (2018). Kerajinan batik dan pewarnaan alami. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(2), 136. https://doi.org/10.14710/endogami.1.2.136-148

Allahverdiyev, M., Yucesoy, Y., & Baglama, B. (2017). An overview of arts education and reflections on special education. International Journal of Educational Sciences, 19(2–3), 127–135. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1393956

Devi, A. C., Sekar, A. Y., & Siagian, M. C. A. (2023). Pengolahan motif dari gambar ODGJ dengan tema kekerasan dalam rumah tangga menggunakan teknik block printing. EProceedings of Art & Design, 10(3).

Dini, H. F., & Affanti, T. B. (2020). Kajian corak tekstil bermotif batik untuk seragam sekolah Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Jurnal Dimensi, 1(1), 42–54.

Fardhani, A. Y. S. (2015). Pengolahan motif gambar anak usia 4 - 6 tahun dengan teknik batik. (Skripsi Sarjana, Universitas Telkom).

Hadaf, A., Adriani, A., & Novrita, S. Z. (2016). Motif dan pewarnaan batik tulis di dusun Giriloyo Desa Wukirsari kecamatan Imogiri kabupaten Bantul provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi kasus di industri batik Sri Kuncoro). Journal of Home Economics and Tourism, 11(1).

Hendri, Z., & Wulandari, D. (2022). Seni rupa anak dan pembinaannya: Perspektif wacana kreativitas dan pedagogi kreatif. Cantrik Pustaka.

Imami, I. I., & Hidayati, L. (1970). Penciptaan motif batik Ibad sebagai batik khas seragam guru TKIT Ibadurrahman Ponggok Blitar. Jurnal Online Tata Busana, 11(1), 107–114. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45780

Imandaputri, Q. N., Fardhani, A. Y. S., & Siagian, M. C. (2023). Perancangan seragam dengan penerapan motif yang terinspirasi dari gambar ODGJ menggunakan teknik batik cap untuk Yayasan Nurani Luhur Masyarakat. EProceedings of Art & Design, 10(3).

Kight, K. (2011). A field guide to fabric design: design, print & sell your own fabric: Traditional & digital techniques for quilting, home dec & apparel. C&T Publishing.

Komaro, N. J. (2013). Karakteristik berbusana batik siswa-siswi sekolah dasar laboratorium Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v2i3.4311

Kristiana, I. F., & Widiyanti, C. G. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus. Undip Press.

Lailia, N. A. (2018). Perancangan motif batik cap untuk kain seragam Tea House Bale Branti. Ornamen, 15(1). https://doi.org/10.33153/ornamen.v15i1.2477

Natali, R. G., Sekar, A. Y., & Siagian, M. C. (2023). Perancangan motif terinspirasi dari karya ODGJ sebagai pemenuh kebutuhan desain merchandise darmabakti Yayasan ODGJ" Efata" Dengan Teknik Block Printing. EProceedings of Art & Design, 10(3).

Nurfadhillah, S. (2021). Pendidikan inklusi pedoman bagi penyelenggaraan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jejak Publisher.

Sari, A. H. (2020). Studi kasus strategi guru dalam kegiatan menggambar untuk pengembangan seni rupa anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150–155. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905

Tabrani, P. (2019). Bahasa rupa. Kelir.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.20107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Omera Medinati Mutiah, Ahda Yunia Sekar, Muhammad Sigit Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics