Komparasi elemen desain dan prinsip logo pada logo lapis Talas Bogor dan Arasari

Dwi Ramayanti(1*)

(1) Universitas Mercu Buana, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Lapis Bogor Sangkuriang merupakan pioner brand kue talas di Bogor, begitu juga dengan Lapis Talas Bogor Arasari yang ikut meramaikan brand kue talas di Bogor. Kue lapis talas Bogor merupakan oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan kota Bogor. Bisnis kuliner menjadi daya tarik konsumen, namun selain rasa, logo yang menarik akan juga menjadi daya tarik. Pemilihan logo yang tepat dapat mendukung brand berjalan sesuai dengan target yang diinginkan. Penelitian ini akan meninjau komparasi  logo brand kue talas di kota Bogor, dengan menggunakan metode kualitatif, dan melakukan observasi dengan mengamati logo pada kemasan dan juga media promosi. Logo Sangkuriang memiliki kemiripan dengan logo Arasari. Pemakaian elemen desain dan prinsip logo pada kedua brand tersebut masih memiliki kekurangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang terdapat pada logo kue talas Sangkuriang dan Arasari dan bagaimana penggunaan elemen desain juga prinsip logo yang diterapkan pada kedua logo tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian berdasarkan data deskriptif, menggunakan analisis. Landasan teori sebagai acuan agar focus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Hasil penelitian adalah bahwa kesamaan yang terdapat pada logo dapat dipengaruhi beberapa hal, diantaranya ciri khas daerah, budaya, dll dan atau ada unsur kesengajaan. Manfaat yang diharapkan adalah logo akan dirancang dengan tepat dan sebagai studi pustaka bagi peneliti lain. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa Logo Sangkuriang dan Arasari mampu merepresentasikan korporasi, karena secara visual dapat merepresentasikan atau menjelaskan produknya, namun belum mengimple-mentasikan prinsip logo lainnya seperti effective without colour, memorable dan scalable.


Keywords


Logo; Lapis Talas; Bogor; Sangkuriang; Arasari

Full Text:

PDF

References


Abril, P. S., Olazábal, A. M., & Cava, A. (2009). Marketing and the law. Journal of the Academy of Marketing Science, 37, 375–380.

Adams, S., Morioka, N., & Stone, T. L. (2006). Logo design workbook: A hands-on guide to creating logos. Rockport Publisher, Ink.

bisnisukm. (2012, January 28). Kabupaten Bogor menyimpan potensi bisnis yang menjanjikan. https://bisnisukm.com/kabupaten-bogor-menyimpan-potensi-bisnis-yang-menjanjikan.html

Bungin, B. (2009). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Kencana Prenada Media Group.

Dawami, A. K. (2017). Logo sebagai komunikasi visual dari identitas organisasi difabel tuli. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 1(02), 133–141.

Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Dewanti, M. C., & Aminah, S. (2022). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM Rajutan BKL Bismo. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1473–1478.

Oscario, A. (2013). Pentingnya peran logo dalam membangun brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Panjaitan, S. W., Yulika, F., & Waspada, A. E. B. (2017). Perancangan logo Rujak Simpang Jodoh Medan. PROPORSI J. Desain, Multimed. Dan Ind. Kreat, 3(1), 68–78.

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian pendekatan praktis dalam penelitian. Andi.

Setiasih, N. W., & Rini, E. S. (2022). Komparasi elemen pembentuk logo pada logo KFC dan logo JFC. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 25(1), 1–6.

Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. In Yogyakarta: Andi. Andi.

Thomas, G. (2003). How to design logos symbols and icons. Adams Media. https://books.google.co.id/books?id=IuQvIv0CkhUC

Van den Bosch, A. L. M., De Jong, M. D. T., & Elving, W. J. L. (2006). Managing corporate visual identity: Exploring the differences between manufacturing and service, and profit-making and nonprofit organizations. The Journal of Business Communication (1973), 43(2), 138–157.

Wheeler, A. (2012). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=uSNHAAAAQBAJ




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.19674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Dwi Ramayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics