Panduan perancangan produk kulit berdasarkan selera konsumen Gen Z untuk UKM Manding Yogyakarta

Mochammad Charis Hidayahtullah(1*)

(1) Politeknik ATK Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Manding Yogyakarta merupakan salah satu penghasil produk kulit yang terkenal di Indonesia. Seiring dengan perkembangan jaman, UKM tersebut menjadi kurang berkembang dikarenakan produsen yang kurang bisa membaca selera konsumennya. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dilakukan untuk mendapatkan panduan perancangan produk kulit berdasarkan persepsi selera konsumen Gen Z untuk membantu UKM terkait dalam menyelesaikan masalah tersebut. Didapatkan hasil bahwa Gen Z di Yogyakarta memiliki strata sosial menengah hingga menengah kebawah. Hal ini menjadikan pengambilan keputusan pembelian hanya didasarkan pada faktor kebutuhan saja. Produk tas kulit masih yang paling diminati untuk dibeli, terutama jika produk tersebut memiliki gaya fashion kasual dan minimalis, bermaterial kulit binatang dengan warna earthtone, serta inovasi berupa tekstil khas Indonesia. Tampilan visual tersebut dianggap lebih modern dan lebih cocok oleh konsumen Gen Z di Yogyakarta. Kemampuan daya beli konsumen juga masih relatif rendah yakni diantara rentang Rp. 110.000 hingga Rp. 300.000. Hal ini merupakan tantangan bagi UKM Manding karena harus merancang produk kulit yang berkualitas namun affordable dengan harga yang murah. Panduan visual ini bertujuan memudahkan dalam mendesain produk kulit yang sejalan dengan selera konsumen Gen Z. Panduan ini diharapkan membantu UKM Manding agar jaya kembali dan berdaya saing di pasar lokal hingga internasional.


Keywords


Gen Z; Panduan Desain; Produk Kulit; Selera Konsumen; UKM Manding

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Yogyakarta. (2020). Penduduk, Laju Pertumbuhan Penduduk, Distribusi Persentase Penduduk, Kepadatan Penduduk, Rasio Jenis Kelamin Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta, 2000, 2010 dan 2019. Diakses pada tanggal 5 Juli 2023 melalui website https://yogyakarta.bps.go.id/.Roostika, R. (2012). Citra merek tujuan wisata dan perilaku wisatawan: yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 111071.

Direktori Pariwisata Indonesia. (2010). Desa Wisata Manding. Diakses pada Juli 5, 2023, dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia: https://direktoripariwisata.id/unit/1504.

Herlianto, D. (2020). Membangkitkan Sektor Usaha Di Tengah Pandemi Covid-19 Kabupaten Bantul. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 20(2), 3507-3522.

Himarosa, R. A., Rahma, A. N., Azhar, C., Nursehan, W., & Sofyantoro, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Promosi Produk Kerajinan Kulit di Desa Wisata Manding Yogyakarta. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1572-1579. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13842.

Hidayahtullah, M. C., DRSAS, M. I., & Djati, I. D. (2017). Revitalization Of Traditional Javanese Footwear Case Study: Tarumpah Of Tasikmalaya. In 1st International Conference on Art, Craft, Culture and Design 2017. Bandung Institute of Technology..

Hidayahtullah, M. C., Frannita, E. L., Putri, N., Ashari, F., Listyalina, L., & Ratnaningsih, W. (2022). Eksplorasi Kulit Kayu Lantung dengan Metode Design Thinking untuk Pengembangan Produk UMKM Lantung Bengkulu. Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit, 21(2), 170-184. https://doi.org/10.58533/bptkspk.v21i2.170.

Hidayatullah, M. C., & Kusumanintyas, D. R. A. (2022). Desain Produk Dompet Bermaterialkan Limbah Pelepah Palem Putri dengan Teknik Pilin sebagai Material Alternatif Pengganti Katun. Jurnal Desain IDEA, 21(1), 27-32. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v21i1.12644.

Hidayahtullah, M. C., & Yurisma, D. Y. (2021). Pengembangan Desain Tarumpah Dalam Peningkatan Nilai Produk Melalui Pendekatan Estetika Visual. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 3 (1), 29–36. https://doi.org/10.17509/edsence.v3i1.35266.

Khoiruzad, R. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Industri Kerajinan Kulit di desa Wisata Manding kecamatan Bantul kabupaten Bantul. Geo Educasia, 2(5), 629-639.

Nugraha, V. S. (2013). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Usaha Rumah Tangga (URT) Kerajinan Kulit di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 3(1), 121-141. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.91

Purba, S., & Sudiarso, A. (2013). Penentuan Harga Produk Kerajinan Kulit Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic dengan Empertimbangkan Proyeksi Keuntungan, Persepsi Konsumen, dan Harga Kompetitor (Studi Kasus Toko Kerajinan Kulit Roosman, Sentra Kerajinan Kulit Manding, Bantul). Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri ke-12. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prabangkara, H. S. (2018). Kuliner Yogyakarta, Dari Identitas Ke Komoditas. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(2).

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111-116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690.

Sagoro, E. M. (2014). Kinerja Keuangan Industri Kreatif Di Yogyakarta Pasca ACFTA Dan AIFTA. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 120-137.. https://doi.org/10.21831/nominal.v3i1.2158.

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10-16. 10.47709/jpsk.v3i01.1953.

Sevilla, C. G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Suharsih, S., & Sriwinarti, A. (2012). Daya saing produk ekspor di era perdagangan bebas. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 13(1), 1-11.

Sulistyowati, E. (2013). Motivasi dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk industri kerajinan kulit di yogyakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 2(2), 17-26. https://doi.org/10.30588/jmp.v2i2.273.

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.18918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mochammad Charis Hidayahtullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics