Analisis Sayembara Logo BNI Life 24 Tahun sebagai Dasar Putusan Pemenang dengan Metode Skoring
(1) Politeknik Bina Madani
(2) Politeknik Bina Madani
(*) Corresponding Author
Abstract
Logo memegang peran penting dalam upaya memperkenalkan identitas perusahaan, Lembaga, organisasi maupun produk usaha. Oleh karenanya, banyak sekali beberapa unit bisnis mengeluarkan kocek dana yang besar untuk menciptakan logo sesuai visi dan misinya, termasuk pada logo perayaan ulang tahun untuk menyampaikan keberadaan pertumbuhan usia unit bisnisnya. Penelitian ini mengambil suatu kasus sayembara logo menyambut perayaan ulang tahun pada Perusahaan BNI Life yang ke-24 Tahun dengan metode sistem skoring. Metode ini peneliti pakai untuk mengukur nilai minimum dan maksimum kriteria suatu logo. Selain itu, metode ini dirasa tepat untuk memberikan suatu dasar penilaian yang logis untuk merepresentasikan interpretasi peneliti terhadap 59 Logo yang diterima panitia dari kegiatan Sayembara Logo BNI Life.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Carter, David. E. 1985. Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation. New York: Art Direction Book Company.
Gunawan, Daniel Wijaya, Sulis Janu Hartati, and Yoppy Mirza Maulana. "Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kredit Menggunakan Metode Skoring pada Bintang Jaya Variasi Audio." Jurnal Sistem informasi dan Komputer Akuntansi, vol. 3, no. 2, 2014, pp. 97-103.
Denzin, Norman K., and Yvonna S. Lincoln, eds. 1994. Handbook of Qualitative Research. London: Sage
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.
Murphy, John and Michael Rowe. 1998. How to Design Trademarks and Logos : Ohio
Oscario, Angela. 2013. “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand.” Humaniora, 4 No.1: 191-202
Ruchiat Aat, Nugraha. 2015. “Pengaruh Desain Logo Baru BUMD yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kuantitatif Mengenai Perubahan Logo Baru pada PDAM Bandung).” Jurnal Makna, 5 No. 1, 1-15.
Saryono dan Mekar Dwi Anggraeni. 2010. Metodologi penelitian kualitatif dalam bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga
Sholahuddin, Muhamad. 2015. Sig untuk memetakan daerah banjir dengan metode skoring dan pembobotan (Studi Kasus Kabupaten Jepara)
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra
Wheeler, Alina. 2017. Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. Canada: John Willey& Sons,Incx.
Yenata, Sany Tifani. 2014. "Pengaruh Tingkat Ketertarikan Pada Desain Logo Dan Nama Merek Terhadap Brand Image (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek terhadap Brand Image Zupparella)." Skripsi Sarjana., Universitas Atma Jaya Yogyakarta.,
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i2.15987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Topan Dewa Gugat Dewa Gugat, Azhari Amri Azhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.