Adaptasi Bentuk dan Struktur Kayon sebagai Alternatif Ilustrasi berlatar Narasi

Pandu Pramudita(1*), Sarwanto Sarwanto(2), Soetarno Soetarno(3), Dendi Pratama(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(4) Politeknik Bina Madani
(*) Corresponding Author

Abstract


Kayon merupakan figur wayang kulit yang memiliki peran penting dalam pertunjukan dan juga memiliki keistimewaan dalam bentuknya. Keistimewaan bentuk tersebut telah diinterpretasikan oleh para desainer sebagai dasar dari bentuk logo yang memiliki identitas visual keindonesiaan. Selain itu, figur kayon juga sudah mulai dibidik sebagai media atau ruang untuk karya-karya ilustrasi. Namun, karya-karya ilustrasi tersebut khususnya yang berlatar belakang narasi hanya memanfaatkan bentuknya saja, padahal di dalam bentuk figur kayon terdapat struktur shape and fill yang dapat diadaptasi menjadi sebuah konsep ilustrasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan konsep desain ilustrasi sebagai alternatif basis dalam narasi melalui adaptasi bentuk dan struktur kayon. Teori yang digunakan sebagai analisis adalah teori adaptasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan research-led design. Pembahasan konsep ilustrasi kayon diawali dengan membahas aspek-aspek bentuk figur kayon yang dapat digunakan sebagai modal ilustrasi. Aspek-aspek tersebut meliputi bentuk dan struktur isian serta makna kayon yang terkandung dalam kedua aspek tersebut. Proses adaptasi kemudian dimulai dengan mendiskusikan kebutuhan ilustrasi, yaitu gaya visual, alur, karakter, dan penataan setting. Konsep ilustrasi kayon ini diharapkan dapat berguna sebagai alternatif ilustrasi yang dikemas dalam sebuah narasi yang memiliki identitas visual Indonesia dan perkembangan seni rupa, khususnya ilustrasi Indonesia.

Keywords


Adaptasi; Kayon; Desain Alternatif; Ilustrasi; Identitas Visual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abadía, Oscar Moro, Manuel R. González Morales, and Eduardo Palacio Pérez. 2012. “‘Naturalism’ and The Interpretation of Cave Art.” World Art 2 (2): 219–40. https://doi.org/10.1080/21500894.2012.689258.

Ardianto, Deny Tri. 2014. “Dari Novel Ke Film: Kajian Teori Adaptasi Sebagai Pendekatan Dalam Penciptaan Film.” Panggung 24 (1): 16–24. https://doi.org/10.26742/panggung.v24i1.101.

Arnoldi, Mary Jo. 1986. “Puppet Theatre: Form and Ideology in Bamana Performances.” Empirical Studies of the Arts 4 (2): 131–50. https://doi.org/10.2190/en7j-51hl-1y3d-72vd.

Arya Janottama, I Putu, and Agus Ngurah Arya Putraka. 2017. “Gaya Dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh Pada Cerita Rakyat Bali.” Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni 5 (November): 25–41. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/189%0Ahttps://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/189/111.

Bayyinah, Bella Nur, Santi Sidhartani, and Pandu Pramudita. 2022. “Perancangan Buku Ilustrasi Edible Flower Berjudul Helai-helai Cantik.” Cipta 1 (1): 98–110. https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1.1165.

Breadsley, Monroe C. 1966. Aesthethics: From Classical Greece to The Present. Tuscaloosa: The University of Alabama Press.

Chatenet, Ludovic. 2016. “Brand Design: Identity and Cultural Mediation.” The Design Journal 19 (2): 353–72. https://doi.org/10.1080/14606925.2016.1130956.

Comberiati, Daniele. 2022. “Comics and Transgenerational Memory in Italy. The Case of Dylan Dog.” Journal of Graphic Novels and Comics, September, 1–14. https://doi.org/10.1080/21504857.2022.2125546.

Densmore, Frances. 1941. “The Native Art of The Chippewa.” American Anthropologist 43 (4): 678–81. https://doi.org/10.1525/aa.1941.43.4.02a00290.

Dharsono. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.

Dolasinski, Lisa. 2022. “‘In Between’ Ethnic Heritage and Italian Identity: The Global Hip-Hop of Mahmood and Ghali.” The Italianist, September, 1–20. https://doi.org/10.1080/02614340.2022.2062935.

Gie, The Liang. 1976. Garis Beast Estetik: Filsafat Keindaham. 2nd ed. Yogyakarta: Karya.

Huda, Muh Nurul, and Kundharu Saddhono. 2017. “Wayang Purwa Gagrag Banyumasan Dan Peran Wali.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 15 (1): 135–48. https://doi.org/10.24090/ibda.v15i1.2017.pp135-148.

Hutcheon, Linda, and Siobhan O’Flynn. 2013. A Theory of Adaptation. 2nd ed. London & New York: Routledge.

Junaidi. 2012. Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta: Ikonografi & Teknik Pakelirannya. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Kim-Vick, Jihyun, and Ui-Jeen Yu. 2022. “Impact of Digital Resale Platforms on Brand New or Second-Hand Luxury Goods Purchase Intentions among U.S. Gen Z Consumers.” International Journal of Fashion Design, Technology and Education, September, 1–13. https://doi.org/10.1080/17543266.2022.2113154.

Kusumadilaga, K.P.A. 1981. Serat Sastramiruda. Edited by Kamajaya and Sudibjo Z Hadisutjipto. 1st ed. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Marwoto, Otok Herum. 2014. “Peran Penting Dalam Perkembangan Seni Islami Di Indonesia.” CORAK Jurnal Seni Kriya 3 (1): 75–85. https://doi.org/10.24821/corak.v3i1.2346.

Melewar, T. C., and John Saunders. 1999. “International Corporate Visual Identity: Standardization or Localization?” Journal of International Business Studies 30 (3): 583–98. https://doi.org/10.1057/palgrave.jibs.8490084.

Ö?üt, ?ebnem Timur. 2009. “Material Culture of Tea in Turkey: Transformations of Design through Tradition, Modernity and Identity.” The Design Journal 12 (3): 339–64. https://doi.org/10.2752/146069209X12530928086405.

Powers, William K. 2002. “Review-Drawing on Cultural Memory: Self and Other in Native American Ledger Art.” American Anthropologist 104 (2): 663–66. https://doi.org/10.1525/aa.2002.104.2.663.

Pramudita, Pandu, Dendi Pratama, and Sarwanto. 2019. “Jagad Ageng and Jagad Alit in Traditional Kayon.” Dewa Ruci 14 (2): 13–26. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v14i2.2850.

Salam, Sofiyan. 2017. Seni Ilustrasi: Esensi - Sang Ilustrator - Lintasan - Penilaian. Makasar: BP UNM.

Sanders, Julie. 2016. Adaptation and Appropriation. 2nd ed. New York: Routledge.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2010. Nirmana: Elemen-Elemen Seni Dan Desain. Edited by Rahmat Widada. 2sd ed. Yogyakarta: Jalasutra.

Smith, Hazel, and Roger T. Dean. 2009. “Introduction: Practice-Led Research, Research-Led Practice - Towards the Interactive Cyclic Web.” In Practice-Led Research, Research-Led Practice in the Creative Arts, edited by Hazel Smith and Roger T. Dean, 1–38. Edinburg: Edinburg University Press.

Soetarno, and Sarwanto. 2010. Wayang Kulit Dan Perkembangannya. Edited by Sri Hesti Heriwati. Surakarta: ISI Press Solo & Cendrawasih.

Sumardjo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. Edited by Ipit S Dimyati. Bandung: Sunan Ambu Press.

Summa-Knoop, Laura Di. 2014. “Philosophical Aesthetics: A Naturalist Perspective.” Journal of Aesthetics and Phenomenology 1 (2): 191–207. https://doi.org/10.2752/205393214X14083775794998.

Tolla, Marlin. 2014. “Landscape and Orientation of Megalithic Chambers in Mecklenburg-Vopommern (North Germany): Phenomenology Perspective.” Jurnal Arkeologi Papua 6 (2): 135–41. https://doi.org/10.24832/papua.v6i2.27.

Wheeler, Alexandra-Mary. 2017. “The Porosity of Human/Non-Human Beings in Neil Gaiman’s American Gods and Anansi Boys.” In Indigenous Creature, Native Knowledges, and The Arts: Animal Studies in Modern Worlds, 119–37. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56874-4_6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.14696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pandu Pramudita, Sarwanto Sarwanto, Soetarno Soetarno, Dendi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics