Rancang Bangun Media Promosi Digital Menggunakan Model Prototype di PT Studio Atas

Yudi Irawan Chandra(1), Sarah Lanna Zagita(2*), Kosdiana Kosdiana(3), Marti Riastuti(4)

(1) STMIK Jakarta STI&K
(2) Sekolah Tinggi Desain Interstudi
(3) STMIK Jakarta STI&K
(4) STMIK Jakarta STI&K
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Era digital ini, banyak sekali media dan informasi yang mudah diterima dan diakses. Berkembangnya teknologi dan persaingan di industri kreatif membuat para pengusaha mengubah cara mereka bersaing dengan perusahaan lain melalui media audio visual sebagai daya tarik utama mereka. PT PT Studio Atas sebagai Rumah Produksi yang berkonsentrasi dengan video konten kreatif dari video hingga audio menawarkan jasa pembuatan video yang bisa diolah dengan baik. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam service bervariasi seperti Brand Campaign Shooting, Animation Motion graphic, Event Documentation, Company Profile, dan Foto Produk UMKM. Penelitian ini menghasilkan media digital marketing yang menjadi sebuah media promosi brand atau produk dalam menggunakan media digital atau internet dalam bentuk Motion graphic di PT PT Studio Atas. Model Prototype dipilih karena merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan aplikasi, tetapi juga merevolusi metode pengembangan aplikasi  yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa dikenal dengan nama SDLC atau Waterfall Development Model


Keywords


Video; Promosi; Model Prototype

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhlishon, Machadz Abdul Adli, and Anung Rachman. 2022. “Perancangan Web Advertisement Sebagai Media Promosi Guru Bahasa Indonesia Miftah.” Jurnal Desain 9 (2): 232–43. https://doi.org/10.30998/JD.V9I2.10136.

Anggarini, Anggi, Dwi Agnes Natalia Bangun, dan Irpan Saripudin, Program Studi Desain Grafis, Jurusan Teknik Grafika Penerbitan, and Politeknik Negeri Jakarta. 2020. “Alternatif Model Moodboard sebagai Metode Berpikir Kreatif dalam Pengembangan Konsep Visual.” Journal Printing and Packaging Technology. Vol. 1.

Bisnis Terapan, Jurnal, Deru R Indika, and Cindy Jovita. 2017. “Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.” Jurnal Bisnis Terapan 1 (01): 25–32. https://doi.org/10.24123/JBT.V1I01.296.

Chandra, Yudi Irawan, and Marti Riastuti. 2021. “Perancangan Aplikasi Pendaftaran Peserta Bimbingan Pendidikan Kepemudaan 87 Jakarta” 22 (2): 109–19.

Desca Refita Putri, Yesty. 2017. “Pembuatan Motion Graphics Sebagai Media Sosialisasi & Promosi Untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas.” KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer 1 (2): 85–92. https://doi.org/10.32485/kopertip.v1i02.16.

Fadhly Abdillah, Damar Adhiguna, Agus Sevtiana. 2017. “Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Teknik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic.” Desain Komunikasi Visual Dan Multimedia 7 (1): 74–85.

Firmansyah, Yerry Kahaditu, Megahnanda Alidyan Kresnawati, Ade Kusuma, and Prayudi Prayudi. 2022. “Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur).” Jurnal Desain 9 (2): 174–87. https://doi.org/10.30998/JD.V9I2.10231.

García Reyes, Luis Enrique. 2013. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Leonita, Emy, and Nizwardi Jalinus. 2018. “Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18 (2): 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261.

Naimah, Rahmatul Jannatin, Muhammad Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, dan Agus Pebrianto. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2 (2): 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.

Purnomo, Dwi, and Dwi Purnomo. 2017. “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi.” JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan) 2 (2). https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.67.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, Shandy. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ).” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1 (1): 1–17.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3 (1): 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950.

Taylor, Christa L., James C. Kaufman, and Baptiste Barbot. 2021. “Measuring Creative Writing with the Storyboard Task: The Role of Effort and Story Length.” The Journal of Creative Behavior 55 (2): 476–88. https://doi.org/10.1002/JOCB.467.

“The Fundamentals of Typography - Gavin Ambrose, Paul Harris - Google Buku.” n.d. Accessed September 15, 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5WLYdDc5do0C&oi=fnd&pg=PP2&dq=typography&ots=9SKFEOf9y9&sig=werK06GtE4-eY1kEy6n30m7YwVI&redir_esc=y#v=onepage&q=typography&f=false.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yudi Irawan Chandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics