Analisis Tipografi pada Logotype dan Konten Instagram @Souri.Bkk Signature Box

Dhika Quarta Rosita(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Konten promosi pada media sosial Instagram saat ini lebih banyak digemari diminati banyak kalangan, selain karena mudah juga visual yang ditampilkan menarik. Saat ini banyak konten kreator yang meningkatkan branding usahanya untuk mendapatkan banyak perhatian pasar, salah satunya melalui desain iklan-iklan produk yang diluncurkan. Dalam branding, logo produk atau konten Instagram sangatlah penting, harus memperhatikan elemen-elemen desain seperti tipografi. Tipografi pada logotype maupun konten Instagram harus sesuai dengan konsep dan karakteristik produk. Dalam penelitian ini logo Souri Bangkok juga konten instagram @souri.bkk dianalisis berdasarkan prinsip-prinsip tipografi (readability, legibility, visibility, dan clarity) melalui metodologi kualitatif dengan metode deskriptif.


Keywords


Tipografi; Logotype; Instagram

Full Text:

PDF

References


Adnyasuri. 2019. Substitusi Tepung Almond Dengan Tepung Kemiri (Aleurites Moluccana Wild) Terhadap Karakteristik. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan, 8(2), 122–130.

Akbar, Taufiq, & Raden, Agung Zainal Muttakin. 2016. Tipografi Vernakular Pada Warung Tenda Kaki Lima Jakarta. Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 175-183.

Arwiedya, M. R., & SUGIARTO, S. 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). http://eprints.undip.ac.id/28754/ diakses pada 27 Januari 2022.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

https://kumparan.com/kumparannews/kisah-sans-serif-font-populer-dunia-yang-dulu-dicaci-1rWVxba1gqv/full (diakses pada 25 februari 2022).

https://www.instagram.com/p/CAxnKRopT1M/ (logo Instagram Souri Bangkok, diunduh pada 27 Januari 2022.

https://www.instagram.com/p/CCjJnOgs1Zt/ (konten Instagram Souri Signature box, diunduh pada 27 Januari 2022)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3866481/arti-warna-pastel-pada-dekorasi-rumah-bisa-jadi-referensi (diakses pada 28 Januari 2022)

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/09/10/155843/sukses-di-usia-muda-ini-3-bisnis-aktor-thailand-tampan-win-metawin (diakses pada 28 Januari 2022).

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nelson, Roy Paul. 1977. The Design of Advertising, Dubuque, Iowa. WMC Brown Company Publisher.

Nurhablisyah. 2022. Desainer grafis, Netizen, dan Etika,; Tinjauan Pesan Visual dalam Media Sosial. Jurnal Desain 188-199.

Putri CS. 2013. Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie melalui Minat Beli. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/articel/view/348 (diunduh pada 27 Januari 2022).

Rahman, Nadya Nur., Utami, Sri Rahayu., & Raden, A. Z. 2018. Analisis Tipografi Spanduk Pemasaran Perumahan. Jurnal desain vol 05 no 03, 250-257.

Rahmawati, Dewi. 2016. “Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online”. Skripsi. Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Denpasar: Pustaka Pelajar.

Royce Singleton, Jr, Bruce C. Straits, Margaret M. Straits and Ronald J. McAllister. 1988. Approaches to Social Research. New York: Oxford University Press, hlm. 28-37.

Rustan, Suryanto. 2014. Huruf, Font & Tipografi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. 74.

Said, A.A. 2017. Mendesain Logo. http://eprints.unm.ac.id/4217/1/Mendesain%20Logo.pdf (diakses pada 21 Maret 2022).

Samudra, Syanisca Mega. 2020. Perancangan Corporate Identity Macaron Amore Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk DA. S1 thesis, ISI Surakarta. http://repository.isi-ska.ac.id/5153/1/syanisca.pdf (diakses pada 21 Maret 2020)

Somantri, G. R. 2005. Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65. https://scholarhub.ui.ac.id/hubsasia/vol9/iss2/8/ (diakses pada 21 Maret 2022).

Sudiana, Dendi. 2001. Tipografi: Sebuah Pengantar. Jurnal Komunikasi Mediator Vol. 2 No. 2 https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/740 (diakses pada 21 Maret 2022)

Sulham, M. 2019. Analisis Karya Ilustrasi vector Sulfadli. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/17782/1/pdf%20jurnal.pdf (diakses pada 21 Maret 2022).

Wijaya, Priscilia Yunita. 1999. Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 47–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983

Refbacks



Copyright (c) 2022 dhika quarta rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics