Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran di Sekolah

Puji Anto(1*), M. Sjafei Andrijanto(2), Taufiq Akbar(3)

(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan perancangan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah sebagai media pembelajaran ejaan sehingga siswa mampu menguasai penggunaannya sejak dini dengan benar. Tingkat penguasaan ejaan yang benar, siswa akan mampu membuat karya tulis yang berkualitas. Pada tingkat pendidikan selanjutnya yaitu perguruan tinggi, peserta didik sudah terbiasa dengan penggunaan tata bahasa yang baik. Oleh sebab itu, peserta didik akan mudah menyelesaikan pendidikan tinggi yang pada akhir perkuliahannya dituntut untuk membuat karya tulis, yaitu berupa tugas akhir maupun skripsi. Perancangan ini mencakup materi tentang pengenalan ejaan yang terbaru, pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara yang berhubungan dengan ejaan bahasa Indonesia.untuk melakukan analisa data pustaka dan data lapangan. Hasil yang dicapai dalam perancangan buku PUEBI, yaitu menggunkan Layout antara lain adalah Copy Heavy Layout, Type Specimen Layout, Jumble Layout, dan Rebus Layout.Bagian isi menggunakan font Calibri Light yang masuk dalam kategori Sans Serif yang dikatakan sebagai huruf yang tidak memiliki kait. Ilustrasi gambar digantikan dengan pengolahan huruf, sedangkan gambar ilustrasi hanya digunakan sebagai penunjang visual saja.Penggunaan warna menggunakan warna-warna pastel untuk memberikan kesan nyaman ketika dipandang mata.

Keywords


buku; ejaan; media pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1), hlm. 11—18. Diambil dari http://journal.uny.ac.id

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A.M. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktoran Tenaga Kependidikan.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Handayaningrum, Y. (2010). Penerapan Media Cerita Bergambar (Cergam) untuk Meningkatkan Minat Baca Biologi Siswa pada Pokok Bahasan Bahan Kimia dalam Makanan Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Diambil dari http://digilib.uns.ac.id

KBBI Daring. (29 Agustus 2016). Pengertian Buku. Kbbi Kemdikbud.go.id.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), hlm. 1-10. Diambil dari http://staff.uny.ac.id

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Daring). Diambil dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id

Rohani, A. (1997). Media InstructionalEducatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, E. (2011). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Triguno, B. (2013). Perancangan Buku Panduanpertolongan dan Keamanan dalam Arung Jeram. Jurnal Online Universitas Negeri Malang. Diambil dari http://jurnal.online.um.ac.id

Zaenal, A.E. dan Tasai, S.A. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Akapres.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i02.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Puji Anto, M. Sjafei Andrijanto, Taufiq Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics