Analisis Sistem Pergudangan dengan Meode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy C-Mean Studi Kasus PT. Kemindo Parama Mandiri

Iis Hikmah Kurniani(1*), Asep Endih Nurhidayat(2)

(1) Teknik Industri, Universitas Indraprasta
(2) Teknik Industri, Universitas Indraprasta
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Kemindo Parama Mandiri merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang supplier bahan baku percetakan dan finishing. Produk yang dihasilkan adalah berbagai macam bahan untuk percetakan baik bahan pendukung ataupun bahan inti. Permasalahan pada Perusahaan adalah manajemen stok gudang yang masih belum baik, mulai, pencatatan stok masih manual sehingga terjadi selisih antara stok real gudang dengan stok pada data pencatatan. Mengurangi kesalahan dalam jumlah stok digudang untuk menghindari penundaan pengiriman barang. Dapat melihat lama penyimpanan produk pada gudang. Mengetahui hasil dari penelitian untuk membuat manajemen yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode fuzzy Tsukamoto dan fuzzy C-Means. Hasil analisis perhitungan dari Fuzzy Tsukamoto Pencatatan data stok real dan stok yang di catat didapat nilai 79.30 dengan penilaian baik. Penataan lot no. hasil perhitungan didapat nilai 73.92 dengan penilaian baik. Manajemen gudang hasil didapat nilai 78.54 dengan penilaian baik. Hasil analisis perhitungan dari Fuzzy C-Mean Pencatatan data stok real dan stok yang di catat Setelah diiterasi sebanyak 3 kali di dapat nilai error =  0.17 sudah mendekati 0.1 dan didapat pusat cluster yang terpilih yaitu cluster 3 pelaporan data stok yang perlu diperbaiki. Penataan lot no Setelah diiterasi sebanyak 5 kali di dapat nilai error =  0.10 sudah mendekati 0.1 dan didapat pusat cluster yang terpilih yaitu cluster 2 data barang sesuai lot yang perlu diperbaiki. Manajemen gudang Setelah diiterasi sebanyak 5 kali di dapat nilai error =  0.04 lebih kecil dari 0.1 dan didapat pusat cluster yang terpilih yaitu cluster 1 penerimaan dan pengeluaran barang yang perlu diperbaiki.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Firliana, R., Jatmiko, J., Dewi, E. K., & Ristyawan, A. (2017). Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Aplikasi Sistem Estimasi Stok Barang. Jurnal Sains dan Informatika, 3(2), 111-115.

Hayadi, B. H. (2015). SISTEM PERSEDIAAN KAYU JATI DENGAN FUZZY TSUKAMOTO. Komputer Teknologi Informasi, 2(2).

Irwansyah, E., & Faisal, M. (2015). Advanced Clustering: Teori dan Aplikasi. Deepublish.

Jacobus, S. I., & Sumarauw, J. S. (2018). Analisis Sistem Manajemen Pergudangan Pada CV. Pasific Indah Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Marbun, M., & Sinaga, B. (2019). BUKU AJAR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE TOPSIS: BUKU AJAR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE TOPSIS. Rudang Mayang Publisher, (Tahun), 1-96.

Meilina, P., Rosanti, N., & Astryani, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Barang Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android. Prosiding Semnastek.

Muningsih, E. (2015). Penerapan Metode Fuzzy C-Means dengan Model Fuzzy RFM (Studi Kasus: Clustering Pelanggan Potensial Online Shop). In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan.

Minarni, M., & Aldyanto, F. (2016). Prediksi Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Logika Fuzzy (Studi Kasus: Roti Malabar Bakery). Jurnal TeknoIf, 4(2).

Puryanto, T. (2016). Sistem Perencanaan Penambahan Stok Barang menggunakan Metode Fuzzy C-Means dan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus di Distributor Alfamart Semarang). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 43-52.

Pitoy, H. W., Jan, A. B. H., & Sumarauw, J. S. (2020). Analisis Manajemen Pergudangan Pada Gudang Paris Superstore Kotamobagu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3).

Ratama, N., Kom, M., & Munawaroh, M. (2019). Konsep kecerdasan buatan dengan pemahaman logika fuzzy dan penerapan aplikasi. Uwais Inspirasi Indonesia.

Rindengan, A. J., & Langi, Y. A. SISTEM FUZZY.

Sumartono, M. A., & Jan, A. B. (2019). ANALISIS SISTEM MANAJEMEN PERGUDANGAN PADA PT. MITRA KENCANA DISTRIBUSINDO MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Surbakti, R. R., & Sinaga, M. S. (2018). PENERAPAN FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI SABUN DI PT. JAMPALAN BARU BERDASARKAN JUMLAH PERMINTAAN DAN DATA PERSEDIAAN. KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi, 4(1).

Susanto, S., & Suryadi, D. (2010). Pengantar data mining: mengagali pengetahuan dari bongkahan data.

Susilo, F. (2006). Himpunan dan Logika Kabur serta Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v4i1.11957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.