Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Ghina Mardhiyah(1*), Hayatun Nufus(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Pekanbaru dengan subjek penelitian merupakan siswa kelas VII MTsN 3 Pekanbaru. Penelitian menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study yang hanya mengadakan satu kali tes yaitu posttest. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan, memiliki tingkat kevalidan  dengan kategori sangat valid, dan sangat praktis (90,80% untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Selanjutnya, berdasarkan hasil nilai posttest yang dihitung menggunakan uji-t satu rata-rata diperoleh atau , sehingga diterima dan  ditolak. Berdasarkan kriteria pengujian, maka rata-rata hasil belajar siswa adalah paling rendah 80 (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Maka, diketahui bahwa modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel telah valid, praktis, dan efektif untuk dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; Modul; Terintegrasi Islam; Kemampuan Komunikasi Matematis; Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel.

Full Text:

PDF

References


Adip, Wahyudi. 2022. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Pkn.” JESS: Jurnal Education Social Science 2(1): 51–61.

Aisyah, Siti, Evih Noviyanti, dan Triyanto Triyanto. 2020. “Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia 2(1): 62–65.

Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 1–9.

Budiono, Eko, dan Hadi Susanto. 2006. “Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana pada Kelas X Semester I Sma.” Pend. Fisika Indonesia Vol. 4(2): 79–87.

Dahirin, dan Rusmin. 2024. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dirasah 7(2): 762–71. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.718.

Hartono. 2015. Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hasibuan, Heri Aftitah. 2022. “Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar.” Prosiding Pendidikan Dasar 1(1): 292–301.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarmo. 2021. Bandung: Refika Aditama Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. 3rd ed. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, Fitria, dan Muhammad Nizar. 2021. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning.” Jurnal UIN 1(1): 28–37.

Ismayanti, Sri, dan Deddy Sofyan. 2021. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Di Kampung Cigulawing.” Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): hlm. 187.

Kinanti, Vivi, dan Endah Wulantina. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 635–44.

Larasati, Anggia Dwi, Agil Lepiyanto, Agus Sutanto, dan Triana Asih. 2020. “Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 4(1): 1–9. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio.

Losi, Nanda Tia, Mukhtar Mukhtar, dan Waminton Rajagukguk. 2021. “Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Ditinjau dari Gender.” Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika 14(1): 88–95.

Lubis, Risa Nursamsih, Meiliasari, dan Wardani Rahayu. 2023. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah 7(2): 23–34.

Nurhasanah, Rizki Ahid, S. B Waluya, dan Iqbal Kharisudin. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 (2017): 769–75.

Okpatrioka. 2023. “Research And Development (R&D) Penelitian yang Inovatif Dalam Pendidikan.” Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 1(1): 86–100.

Rahman, Abd dkk. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.

Rahmi, Elfita, Nurdin Ibrahim, dan Dwi Kusumawardani. 2021. “Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan.” Visipena 12(1): 44–66.Susilawati, Rahmatullah, dan Mulia Putra. 2023. “Analisis Berpikir Refl

ektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Konteks Budaya Berdasarkan Gaya Kognitif Di Man 2 Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 4: 140–53.

Syahputra, F I, dan B R Muktiari. 2023. “Kajian Teori: Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6: 270–74. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Yanti, Rame Nova, Ai Sri Melati, dan Luvy Sylviana Zanty. 2019. “Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 209–19.

Yuniati, Suci, dan Arnida Sari. 2018. “Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Di Propinsi Riau.” Jurnal Analisa 4(1): 157–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i3.26087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ghina Mardhiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.