Persepsi Mahasiswa PPG Prajabatan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi di SD Anak Saleh

Aqila Nur Ramadhani(1), Imam Rofiki(2*)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) (Scopus ID: 57200654458), Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi pada kelas tinggi SD Anak Saleh berdasarkan dari persepsi mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Malang. Variabel aspek yang diukur adalah pembelajaran, pendidik, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menentukan responden secara purposive sampling dan pengolahan data disajikan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran berdiferensiasi pada variabel pembelajaran, pendidik, dan peserta didik rata-rata memperoleh kategori yang baik. Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi pada variabel pembelajaran menunjukkan kategori baik dengan persentase sebesar 69,8%. Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi pada variabel pendidik menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 44,4%. Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi pada variabel peserta didik  menunjukkan kategori baik dengan persentase sebesar 66,6%.


Keywords


Persepsi Mahasiswa; Efektivitas Pembelajaran; Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Andarika, D. Y., & Rofiki, I. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 3(10), Artikel 5. https://journal3.um.ac.id/index.php/fe/article/view/5553

Asmadawati. (2014). Efektivitas Pembelajaran. Forum Pedagogik, 6(4), 28-38. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/JP/article/view/175/157

Fatonah, R. J., Yunizar, D. A., Yunita, N., Sa’diyah, S., & Gustian, R. (2024). Analisis Penerapan Pendidikan Moral dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 7(6), 4018–4032. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6618

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38

Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio, 9(3), 1608-1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fauziyah, S. F., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah Dasar. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 14-26. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6406

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogis-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302-3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015-1025. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493

Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 68-75. https://jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/2067

Milojevic-Dupont, N., & Creutzig, F. (2021). Machine learning for geographically differentiated climate change mitigation in urban areas. Sustainable Cities and Society, 64, 102526. https://doi.org/10.1016/j.scs.2020.102526

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150

Natory, H. C., & Rofiki, I. (2024). Pengelolaan Kelas Guru Sekolah Dasar dengan Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bilangan Cacah. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125-135. https://doi.org/10.33830/hexagon.v2i2.7843

Prasetyo, C., & Purwosaputro, S. (2024). Kemampuan Kompetensi Profesional Mahasiswa PPG Prajabatan dalam Melaksanakan Praktik Mengajar PPKn di SMA N 05 Semarang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1201-1210. https://doi.org/10.58230/27454312.581

Purnawanto, A, T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34-54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Sagita, R., Ikhwan, N., Rahma, R. L., & Hakim, L. (2022). Kompetensi Sosial Guru IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annur Islamic Fullday School Tahun Ajaran 2020-2021. Academy of Education Journal, 13(1), 153-163. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.990

Saputri, O. W., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Prezi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 7(1), 99-110. https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14526

Sholeh, M., & Rofiki, I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Teknologi pada Materi Teks Nonfiksi untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.33474/elementeris.v6i1.21626

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529-535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 11(2), 365-379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i3.23116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aqila Nur Ramadhani, Imam Rofiki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.