Pendidikan Karakter Melalui Aktivitas Zikir
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap jamaah pengajian Al-Idrisiyyah yang berdomisi di wilayah Jakarta. Hal ini dilakukan karena; pertama, pembinaan pendidikan karakter melalui aktivitas zikir dalam menghadapi perubahan sosial dua dekade terakhir cukup baik dan teruji. Kedua, pengajian dengan aktivitas zikir mampu menjadi madrasah atau sekolah dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif, yang dilakukan di pengajian Al-Idrisiyyah Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara, observasi, informan, dokumentasi dan triangulasi. Sementara data sekunder diperoleh melalui profile pengajian Al-Idrisiyyah Jakarta dan dari pustaka, media internet, jurnal, serta bahan-bahan bacaan lainnya. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui aktivitas zikir akan membentuk karakter kepribadian yang lebih baik. Semakin banyak intensitas zikir yang dilakukan dengan menggunakan metode yang benar, sesuai tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta dalam bimbingan seorang guru mursyid, maka akan semakin banyak menghasilkan manfaat dari zikir. Jasmani dan ruhani menjadi lebih sehat, pikiran semakin cerdas dan jiwa menjadi tenang.
Full Text:
PDFReferences
Al-Kumayyi, Sulaiman, Menuju Hidup Sukses Kontribusi Spiritual- Intelektual AA Gym dan Arifin Ilham, (Semarang: Pustaka Nuun, 2005)
Ahmad Warson Munawir, Al-Munawir Kamus Arab-Indonesia, (Surabaya: Pustaka Progresif, 2002),
Arifin Ilham, Muhammad, Renungan-Renungan Zikir, (Jakarta: Intuisi Press, 2004)
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya; Mushaf Masjid Al Aqsha, (Cahaya Quran: 2011)
Helmawati, Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter & Beradab, (Jakarta: Cakrawala Publishing, 2012)
Kitab ar-Risalah, Kelompok Telaah, Misteri Zikir Akhir Zaman, (Surakarta: Granada Mediatama, 2008)
Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter; Konsepi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat, (Yogyakarta: R-Ruzz Media, 2013)
Ramadhan, Majid, Arwa’ul Asrar, (Terj., Khalid Abdillah, Menangis itu Sehat), (Surakarta: Ziyad Visi Media, 2009)
Majid, Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Musthafa, Abdul Aziz, Mahabbatullah Tangga Menuju Cinta Allah, (Terj., Moh. Maghfur Wachid dan M.Luqman Hakiem), (Jakarta: Risalah Gusti, 1997)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Pili, Salim B., Al-Idrisiyyah Sejarah Dan Ajarannya, (Jogyakarta: Tesis, IAIN Sunan Kalijaga, 1998)
Saleh, Arman Yurisaldi, Berzikir untuk Kesehatan Saraf, (Jakarta: Penerbit Zaman, 2010)
Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an Tentang Zikir & Doa, (Jakarta: Lentera Hati, 2008)
Sudewo, Erie, Best Pracrice Character Building Menuju Indonesia Lebih Baik, (Jakarta: Republika Penerbit, 2011)
Syamsul Kurniawan, Muhammad Haitami, Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Suyanto, Model Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah, (Jakarta: MENDIKNAS, 2010)
Takariawan, Cahyadi dan Ghazali Mukri, Kitab Tazkiyah; Metode Pembersihan Hati Aktivis Dakwah, (Solo: Era Intermedia, 2003)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Syafrudin Syafrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |