Nilai Karakter Kreatif dan Bersahabat/Komuniktif dalam Ungkapan Bijak di Akun Twitter @Kata2bijak

Mia Nur Insani(1*), Agus Budi Wahyudi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa yang dikategorikan sebagai ungkapan-ungkapan tidak bijak dapat ditemukan di media sosial twitter. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis ungkapan bijak di akun twitter @kata2bijak. Pendekatan penelitian ini kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan ungkapan bijak di dalam akun twitter @kata2bijak. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu akun twitter @kata2bijak. Teknik analisis data dalam penelitian yang digunakan metode agih dan padan referensial. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian berupa unggahan ungkapan bijak di akun twitter @kata2bijak dengan nilai pendidikan karakter kreatif dan bersahabat/komunikatif menunjukkan karakter kreatif dapat membentuk kekuatan mental pada diri seseorang dan dapat membuat seseorang memiliki pengalaman baru, sedangkan karakter bersahabat/komunikatif dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain dan diri sendiri.


Keywords


ungkapan bijak; twitter; nilai pendidikan karakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aziz, A., Putra, D., & Rusda, D. (2021). Pengembangan model pendidikan karakter berbahasa dayak ngaju di sekolah dasar Kota Sampit. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 95–104. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/526

Carlson, R. (2020). Mengatasi masalah besar dalam hidup: Menemukan kekuatan dan bergerak maju walau rintangannya berat. PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2019). Penanaman nilai karakter melalui permainan outdoor bagi anak-anak usia dini di wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Publikasi Pendidikan, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6418

Fatmawati, M., & Sudiyana, B. (2021). Nilai-nilai karakter pada buku siswa sekolah dasar tema keluargaku. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(1), 1–15. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/630

Gaspersz, S., & Uktolseja, L. J. (2021). The pedagogical implication of maybrat oral literature (elements and value of character education). Interaction: Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 62–72. https://unimuda.e-journal.id/jurnalinteraction/article/view/911

Handayani, T. K. (2016). Nilai-nilai karakter dalam tindak tutur ilokusi dalam buku Wir Besuchen Eine Moschee. Litera, 15(2), 305–318. https://doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11831

Harahap, A. C. P. (2019). Character building pendidikan karakter. Al-Irsyad, 9(1), 1–11. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6732

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31664

Indra, D. (2019). Berdamai dengan kenyataan hidup: Bangkit dari kegagalan dan raih kesusksesan. Anak Hebat Indonesia.

KBBI. (2016). Kamus besar bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kemendiknas. (2010). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Kieran, M. (2014). Creativity as a virtue of character. The Philosophy of Creativity: New Essays, 125–144. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199836963.003.0007

Kriyantoro, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana.

Lickona, T. (2016). Mendidik untuk membentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. PT. Bumi Aksara.

Mustakim, B. (2020). Perspektif psikologi pengambilan keputusan dalam kepemimpinan pendidikan. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2), 183–198. https://doi.org/10.15575/IRSYAD.V8I2.1965

Nanda, D. D., Simbolon, B., Damanik, F. A., & Sembiring, Y. B. (2021). Moral value and character building education in folklore from Central Java “Timun Mas.” Journal of Languages and Language Teaching, 9(1), 85–91. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/3319

Nashihin, H. (2017). Pendidikan karakter berbasis budaya pesantren. Semarang: Formaci.

Piske, E. F. H. R., Stoltz, T., Rocha, A., & Costa-Lobo, C. C. (2020). Motivated or unmotivated for the creative approach: Values from a highly able learner’s point of view.

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96–105. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai pendidikan karakter dalam ungkapan hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan pemanfaatannya di masa pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–169. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/7073/pdf

Sembiring, R. L. N., & Br pakpahan, E. M. (2021). Analysis of education value of character in novel 5 cm by Donny Dhirgantoro. Project (Professional Journal of English Education), 4(3), 535–541. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/7073/pdf

Silalahi, S. R. A., Kuncara, S. D., & Wati, E. (2018). An analysist of moral development of Nim Rouse character in Nim’s Island Film. Jurnal Ilmu Budaya, 2(3), 261–267. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/1153/pdf

Sudaryanto. (2015). Metode dan teknik analisis bahasa. Sanata Dharma University Press.

Suminah, S. (2021). Penerapan bahasa santun terhadap pendidikan karakter anak usia dini di Paud Buah Hati Kabupaten Aceh Tengah. Jendela Anak, 1(1), 1–26. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/jendelaanak/article/view/65

Suryanto, S., Andayani, A., & Wardhani, N. E. (2021). Reflection of character education value through depictions of characters in Oka Rusmini’s Koplak Novel. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(2), 78–86. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i2.2318

Talebi, S., & Irannejad, P. (2020). Comparing the descriptive assessment in terms of critical and creative thinking among the sixth grade students in the public and private schools. Journal of Social Sciences and Humanities Research, 8(1), 29–37. https://journals.researchub.org/index.php/JSSHR/article/view/927

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman karakter anak usia dini dalam kesenian tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wahyunianto, S. (2019). Implematasi pembiasaan diri dan pendidikan karakter: Sebagai pengantar. Deepublish.

Wardani, L. S. P., Al-Ma’ruf, A. I., & Prayitno, H. J. (2020). Nilai karakter dalam ungkapan hikmah bersumberkan wacana berita. Jurnal Analisa Sosiologi, 9, 329–342. https://doi.org/10.20961/jas.v9i0.43177

Wati, E., & Nurdiana. (2020). Penanaman nilai karakter remaja melalui permainan tradisional. Jurnal Sains Riset, 9(3), 52–60. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/159

Watson, L. (2019). Educating for inquisitiveness: A case against exemplarism for intellectual character education. Journal of Moral Education, 48(3), 303–315. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1589436

Wiguna, I. B. (2017). Teori dan aplikasi latihan kondisi fisik. Rajawali Pers.

Wolska-D?ugosz, M. (2015). Stimulating the development of creativity and passion in children and teenagers in family and school environment – Inhibitors and Opportunities to Overcome them. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 2905–2911. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1027

Zein, A., Saputra, E., & Feriawan, F. U. (2021). The value of independent character education in surah Al-Insyirah. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 46–52. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/248

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v14i1.9861

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mia Nur Insani, Agus Budi Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.