Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fungsional Pendek Bahasa Inngris
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah dan kesulitan apa saja yang di alami oleh para siswa ketika mereka belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris, mengetahui apakah teknologi pembelajaran Blended Learning mempengaruhi hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa inggris dan mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta Selatan. Penulis mengadakan penelitian ini dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Sampel terdiri dari 70 siswa yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir yang berjumlah 10 butir soal essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah “uji-t” pada taraf signifikan ? = 0.05. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknologi pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Menulis Bahasa Inggris, Teknologi Pembelajaran Blended Learning, Teks Fungsional Pendek, dan Pengaruh
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akhadijah, S. (1997). Menulis Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka. Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (1994). Reliabilitas dan Validitas edisi ketiga. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Boettcher, J, V. & Conrad, R-M. (2010). The Online Teaching Survival Guiding. San Fransisco: Jossey-Bass.
Chang, C. H. (2007). Engaging Learning through the Internet. Singapore, Prentice Hall Pearson Education South Asia Pte Ltd.
Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004 SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Diptoadi, V. (2009). Becoming a Creative Teacher. Jakarta:
Reginal English Language Office.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2002). Aplikasi Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Harmer, J. (2008). How to Teach Writing. Edinburgh: Longman.
Harris, J. (1993). Introduction of Writing. London: Pinguin.
_________. (1982). Language Files. Linguisics’ Department of the Ohio State University.
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology. New York and London: Lawrence Erlbaum Associate.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Pearson Education.
USA Nasution. (2008). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Reynold, L. A. (1983). Exploring Written English a Guide for Basic Writers. Boston, Toronto: Litle. Brown and Company. Ltd.
Richards, C.J. dan Willy A. R. (2002). Methodologi in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge’s University Press.
Sabarti, A. (1997). Menulis. Jakarta: Depdikbud
Suriamiharja, A. dkk. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta :Depdikbud.
Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda.
Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (1985). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik Jakarta : Prestasi Pustaka.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Walter, L. (1983). A Theoritical Model for Teaching Student to Write.
Wardiman, A. dkk. (2008). English in Focus 1 : for Gade VII Junior High School (SMP/MTS). Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Dziuban C.D., Hartman, J.L., dan Moskal, P.D. (2004). Blended Learning. (http://net.educause.edu/ir/librar y/pdf/ERB0407.pdf). Diakses pada tanggal 05 Oktober 2011.
Graham, C.R. (2005). Blended Learning Systems. (http://media.wiley.com/product _data/excerpt/86/07879775/078 7977586.pdf) . Diakses pada tanggal 06 Oktober 2011.
Luik, P . (2006). Web Based-Learning or Face-to-Face Teaching – Preferences of Estonian Students. (www.aare.edu.au/06pap/lui061 59.pdf). Diakses pada tanggal 12 Oktober 2011.
Pengertian Pesan Singkat. (http://idkf.bogor.net/yuesbi/eD U.KU/edukasi.net/SMP/B.Indon esia/Menulis.Pesan.Singkat/). Di akses pada tanggal 23 oktober 2011.
Pengertian kalimat Larangan. (http://www.sekolahoke.com/20 11/09/cara-membuat-kalimatlarangan-dalam.html). Diakses pada tanggal 23 oktober 2011.
Sudrajat, A. (2008). Penilaian Hasil Belajar (Online) (http://let’s talk about edication.html). Diakses tanggal 2 januari 2010.
Tsai, S. dan Machado, P. (2010). E- Learning, Online Learning, Web-Based Learning or Distance Learning Unveiling the Ambiguity in Cureent Terminology. (http://www.eleranmag.org/subp age.cfm?section= best_practices&article=6-1). Diakses pada tanggal 15 oktober 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.848
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurul Badriyatul Muthoharoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |