Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dengan Dosen
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Di lingkungan perguruan tinggi, komunikasi dibutuhkan dalam proses interaksi baik di dalam kelas, maupun di luar kelas, dalam proses belajar mengajar, maupun pergaulan sehari-hari. Melalui komunikasi mahasiswa saling bertukar pengetahuan dan keterampilan dalam hal akademik maupun secara umum. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang terjalin antara mahasiswa dengan dosen yang dilihat dari sudut pandang communication apprehension atau ketakutan komunikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam (indepth-interview) dengan beberapa mahasiswa yang menjadi subjeknya. Instrumen untuk melakukan wawancara berbentuk pedoman wawancara yang tidak terstruktur dan bersifat open-ended. Berdasarkan penuturan yang disampaikan berdasarkan pengalaman mahasiswa maka dapat diperoleh simpulan sebagai berikut; Pertama, ketakutan berkomunikasi bukan suatu sifat bawaan sejak lahir, namun dapat berkembang dan berubah seiring dengan meningkatnya usia dan perjalanan hidup seseorang. Kedua, faktor yang juga menjadi penentu kehidupan psikologis mahasiswa adalah perubahan tingkat pendidikan dari sekolah menengah menjadi perguruan tinggi. Ketiga, citra yang melekat pada dosen tertentu sebagai dosen “killer” atau “serem” menjadikan mahasiswa mempunyai ketakutan tersendiri apabila berhadapan langsung dengan dosen tersebut. Keempat, ketakutan komunikasi tidak terjadi secara terus-menerus, namun bersifat situasional atau juga kontekstual.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa, Dosen, Ketakutan Komunikasi
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djojodibroto, Rahardjo Darmato. 2004. Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press Group.
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss. 2008. Theories of Human Communication. Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Papalia, Diana E., Sally Olds, and Ruth Feldman. 2001. Human Development. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam,& Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarno, L.G. dan Nyoman Sudita. 2000. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.668
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Heppy Atma Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |