Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato

Ana Widyastuti(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara pidato. Penelitian ini adalah survei dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Swasta di Kota Depok. Sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan berpidato. Analilis data menggunakan regresi korelasi ganda. Dari perolehan hasil: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keteramplan berbicara pidato; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat membaca terhadap ketrampilan membaca terhadap ketrampilan berbicara pidato; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketrampilan berbicara pidato.


Kata kunci: minat membaca, penguasaan kosakata, ketrampilan berbicara pidato


Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Abdullah, Ambo Enre. 2003. “Pendidikan Bersumber pada Seluruh Aspek Eksistensi Kehidupan Manusia”. Dalam Majalah Pendidikan Gerbang, Edisi 2 Tahun III.Yogyakarta, Agustus.

Ahmadi, H. Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhaidah, Sabari; Maidar, G. Arsjad; dan Sakura, H.Ridwan, 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga

Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Akademi Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Artati, Budi. 2012. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA, Bandung : Armico

Badudu, J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Badudu, J.S. dan Sutan Mohammad Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Barry, Vincent. 1983. Good Reason for Writing A Text with Readings. California: Wadsworth Publising Company Belmont.

Bloom, Benyamin S. 1977. Taxonomy of Educational Objective Cognitif Domain. New York: David Mc. Kay Company.

Brown, Gillian and George Yule. 1983. Discourse Analysis. New York: Cambridge University Press.

Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman.

Daniels, Peter T. 2001. The Handbook of Linguistics: Writing Systems. Oxford, United Kingdom: Blackwell Publisher Ltd.

Darma, Budi. 2007. Bahasa, Sastra, dan Budi Darma. Surabaya: JP Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.666

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ana Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.