Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara pidato. Penelitian ini adalah survei dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Swasta di Kota Depok. Sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan berpidato. Analilis data menggunakan regresi korelasi ganda. Dari perolehan hasil: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keteramplan berbicara pidato; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat membaca terhadap ketrampilan membaca terhadap ketrampilan berbicara pidato; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketrampilan berbicara pidato.
Kata kunci: minat membaca, penguasaan kosakata, ketrampilan berbicara pidato
Full Text:
PDFReferences
A.M., Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Abdullah, Ambo Enre. 2003. “Pendidikan Bersumber pada Seluruh Aspek Eksistensi Kehidupan Manusia”. Dalam Majalah Pendidikan Gerbang, Edisi 2 Tahun III.Yogyakarta, Agustus.
Ahmadi, H. Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhaidah, Sabari; Maidar, G. Arsjad; dan Sakura, H.Ridwan, 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga
Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Akademi Pressindo.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Artati, Budi. 2012. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA, Bandung : Armico
Badudu, J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Badudu, J.S. dan Sutan Mohammad Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Barry, Vincent. 1983. Good Reason for Writing A Text with Readings. California: Wadsworth Publising Company Belmont.
Bloom, Benyamin S. 1977. Taxonomy of Educational Objective Cognitif Domain. New York: David Mc. Kay Company.
Brown, Gillian and George Yule. 1983. Discourse Analysis. New York: Cambridge University Press.
Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman.
Daniels, Peter T. 2001. The Handbook of Linguistics: Writing Systems. Oxford, United Kingdom: Blackwell Publisher Ltd.
Darma, Budi. 2007. Bahasa, Sastra, dan Budi Darma. Surabaya: JP Books.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.666
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ana Widyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |