Citraan Psikopat pada Tokoh Utama dalam Naskah Drama “Cermin” Karya Nano Riantiarno

Mohammad Khikam Zahidi(1*), Hidayah Budi Qur’ani(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat kriminalitas di Indonesia beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan yang begitu memprihatinkan, serta pada beberapa kasus dikaitkan dengan gangguan gejala psikopat. Psikopat ialah bentuk kekalutan mental yang ditandai dengan tidak adanya pengorganisasian dan pengintegrasian pribadi, tidak bisa bertanggung jawab secara moral, selalu konflik dengan norma sosial dan hukum yang diciptakkan oleh angan-angannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena perilaku psikopat pada naskah drama “CERMIN” karya Nano Riantiarno dengan pendekatan psikologi sastra, khususnya menggunakan teori gangguan kepribadian psikopat Sigmund Freud. Pada dasarnya psikologi sastra memberikan perhatian pada masalah kejiwaan para tokoh fiksional yang terkandung dalam karya sastra. Sasaran dalam penelitian ini adalah fenomena perilaku psikopat yang dialami oleh tokoh dengan mengkaji bentuk perilaku, dan faktor penyebabnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) bentuk perilaku psikopat tokoh dalam naskah drama “CERMIN” karya Nano Riantiarno diketahui berdasarkan ciri perilaku khusus pada psikopat yaitu berperilaku antisoasial, suka memanipulasi, berperilaku sadistis, sehingga dapat ditentukan bentuk perilaku psikopa yang dialami. (2) Faktor yang menyebabkan tokoh dalam naskah drama “CERMIN” karya Nano Riantiarno berperilaku psikopat yaitu faktor biologis dan faktor lingkungan.

 

Kata Kunci: Psikopat, Psikopat Fenomena Perilaku, Psikologi Sastra.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aksan, H. (2008). Jejak pembunuh berantai: Kasus-kasus pembunuhan berantai di Indonesia dan dunia. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama.

Andalas, E. F. (2017). Eskapisme realitas dalam dualisme dunia alice: Telaah psikologi-sastra film Alice in Wonderland (2010). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 185-195.

Anwar, F. (2018). Kritik Sosial dalam naskah drama alangkah lucunya negeri ini karya Deddy Mizwar. Bahasa dan Sastra, 4(1).

Eva, Z. F. (2011). Representasi perilaku psikopat dalam film “Fiksi” (Studi analisis semiotik terhadap film “fiksi” karya Mouly Surya) (Doctoral dissertation, UPN "Veteran" Jawa Timur).

Fathoni, F. R., & Imam, M. (2020). Analisis tokoh Khamid dalam naskah Pasung karya Dwi Mustanto (Analisis teori psikoanalisa Sigmund Freud) (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 2. Semarang: Universitas Diponegoro Tumpang.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1), 128-137.

Riantiarno, N. (1977). CERMIN. Cirebon: The Jakatra Post.

Rozali, R. (2018). Fenomena perilaku psikopat dalam novel Katarsis karya Anastasia Aemilia: Kajian psikologi sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 173-178.

Santoso, M. B., Krisnani, H., & Deraputri, G. N. I. (2017). Gangguan kepribadian antisosial pada narapidana. Share: Social Work Journal, 7(2), 18-27.

Wahid, R. N. N., Thoyibi, M., Fatimah, S. (2016). The Psychopath Phenomenon Reflected in Gillian Flynn’S Gone Girl Novel (2012): A Psychoanalytic Approach (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Zahidi, M. K. (2019, November). Perlawanan perempuan dalam antologi puisi Koleksiku karya Joko Pinurbo. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6463

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohammad Khikam Zahidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.