Analisis Kesalahan Morfologi pada Karangan Naratif

Trisna Haswa Yuniza(1), Nina Dwiastuty(2), Agung Prasetyo(3*)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Indraprasta PGRI University
(3) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis kesalahan morfologi yang dilakukan siswa kelas X SMA Widya Manggala Jakarta dalam menulis karangan naratif berbahasa Inggris dan mengetahui jenis kesalahan apa yang paling dominan dilakukan siswa dalam membuat teks naratif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Setelah menganalisis kesalahan siswa, penulis dapat menarik simpulan bahwa jenis kesalahan morfologi yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan misselection sebesar 56,67% dengan jumlah 68 kesalahan dari total 120 kesalahan, sedangkan jenis kesalahan morfologi lainnya yang juga dilakukan oleh siswa adalah omission pada persentase 32,50% yang mencapai jumlah 39 kesalahan dari total 120 kesalahan, addition dengan 8,33% dengan jumlah 10 kesalahan, dan yang terakhir misplacement dan redundancy dengan total persentase masing-masing 1,67% dan 0,83% yaitu dengan masing-masih 2 dan 1 kesalahan.

 

Kata Kunci: analisis, kesalahan, morfologi, karangan, naratif


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching. New York: Pearson Education.

Choudhury, A.S. (2013). Speaking, writing and developing writing skills in English. Language in India, 13(9), 27-32.

Dwiastuty, N., Susilawati, & Sulhan, M. (2018). The using of readutainment as e-learning to improve students’ reading comprehension skill. MATEC Web of Conferences, 154, 4–7. https://doi.org/10.1051/matecconf/201815403007

Hamza, A. A. (2009). Comparing the achievement of Iraqi EFL undergraduate in writing guided and free composition. EFL Methods of Teaching, 3(1), 1-13.

Hendriwanto, & Sugeng, B. (2013). An analysis of the grammatical errors in the narrative writing of the first-grade students of SMA 6 Yogyakarta. Journal of education, 6(1), 57-71.

James, C. (1998). Errors in language learning and use: Exploring error analysis. New York, NY: Longman.

Kovac, M. (2011). Speech error in English as a foreign language: A case study of engineering students in Croatia. English language and literature studies, 1(1), 20-39.

Meyer, C. F. (2009). Introducing English Linguistics. New York, NY: Cambrige University Press.

Ning, M. I. (2012). Implications of interlanguage error analysis and research on English language testing and teaching. Higher Education of Social Science, 2(2), 4-7.

Raymond, J. C. (1980). Writing is unnatural Act. New York: Harper and Row Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i03.6413

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Trisna Haswa Yuniza, Nina Dwiastuty, Agung Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.