CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN POND’S FLAWLESS WHITE 7 DAYS TO LOVE-VERSI 10 MENIT)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam gambaran media atau iklan, perempuan menempati posisi sentral dalam iklan berbagai produk. Sebagian besar produsen menggunakan perempuan sebagai model iklannya karena memiliki daya tarik tersendiri. Jadi, pencitraan perempuan pun menjadi beragam. Pengaruh dari media inilah yang dapat diyakini dan menimbulkan opini tersendiri bagi masyarakat. Keterlibatan perempuan dalam iklan merupakan bentuk realitas dari pemanfaatan perempuan untuk mempercepat arus konsumtif. Dalam penelitian ini citra perempuan dalam suatu iklan di televisi ditinjau dari unsur semiotika. Harapan dari penelitian ini adalah akan munculnya pemikiran kritis terhadap media, tidak saja keberadaannya melainkan substansi tayangannya yang selama ini merupakan agent of change yang memiliki peranan besar dalam menyosialisasikan nilai-nilai dalam masyarakat, sehingga di masa datang dapat berkembang pandangan yang lebih proporsional terhadap perempuan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa citra perempuan dalam iklan Pond’s Flawless White, 7 Day to Love dapat dikategorikan ke dalam tiga citra, yaitu Citra Pigura, Citra Peraduan, Citra Pergaulan. Simpulannya adalah bahwa perempuan harus selalu tampil memikat, merawat diri, namun tetap percaya diri dan bangkit menjadi perempuan cantik walaupun menghadapi masalah.
Kata Kunci: Citra Perempuan, Iklan, Televisi, Semiotika
Full Text:
PDFReferences
Alatas, A. Fahmi.1997. Bersama Televisi Merenda Wajah Bangsa. Jakarta: Yayasan Pengkajian Komunikasi Masa Depan
Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika: Signifikansi Komunikasi, Teori Kode, serta Teori Produksi-Tanda. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Ibrahim, Idi Subandy dan Suranto. 1998.
Wanita dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Liliweri, Alo. 1992. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Littlejohn, Stephen W. 2009. Teori Komunikasi, Theory of Human Communication. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
Morrisan. 2007. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Perkasa.
Rahmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shimp, A. Terence. 2003. Periklanan, Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
http://www.ogilvy.com/About/Our- History/Ogilvy_Mather.aspx diakses 10 April 2014
http://holic.blog.friendster.com/2008/07/per empuan-wanita-feminisme-dan emansipasi/ diakses 3 Mei 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v7i02.541
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Heppy Atma Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |