MENGUKUR KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING) MELALUI STRATEGI MENCATAT (NOTETAKING) PADA KATA KUNCI

Susilawati Susilawati(1*), Mia Fitriah(2)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui peran strategi mencatat (notetaking) terhadap keterampilan menyimak (listening). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian True Experimemntal Design yang pelaksanaannya menggunakan jenis Posttest-Only Control Design yang membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol . Populasi seluruh peserta didik kelas XII Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Teratai Putih Global. Sampel diambil sebanyak 52 dengan teknik random class sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal MGMP dan soal UN (Listening) .Dari pengolahan data diperoleh hasil : terdapat perbedaan prestasi belajar menyimak antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi mencatat (notetaking).


Kata Kunci: Strategi, Mencatat, Keterampilan, Menyimak


Full Text:

PDF PDF

References


Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.

Carrel, Patricia L.2007. “Notetaking Strategies and Their Relationship to Performance on Listening Compre-hension and Communicative Assess-ment Tasks. ETS.TOEFL.MS-35.

Chaudron C.,Look,J.,& Lochky. (1998). Quality of Lecture notes and second Language Listening Comprehension (Tech, Reptor Second Language Classroom Research.

Fatmawati, Dani. 2010. Penggunaan Strategi Guide Note-Taking Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dan Pemahaman Konsep Kubus Dan Balok. Skripsi. UMS Surakarta: Tidak diterbitkan.

Hale, G., Courtney, R.(1994) The Effect of Notetaking on Listening Compre-hension in the Test of English as a foreign Language. Language testing, 111,29 -47.

Kiewra, K.A. (1989) A Review of note-Taking; The Encoding Storage Paradigm on beyond. Educational Psychology, 20.172 -187.

Nunan, David in Richards, Jack C. Dan Willy A. Renandya’s Methodology in language Teaching: An Anthology of Current Practice. 2002. Cambridge: Cambridge University Press.

Rost, M. 1994. Learning to Listen. San Diego: Domine Press.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Silberman, Melvin L. 2002. Active learning: 101 Cara Belajar Aktif. Bandung: Nusamedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i02.523

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Susilawati Susilawati, Mia Fitriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.