Penerapan Teknik JIGSAW untuk Meningkatkan Keterampilan Memahami Bacaan Bahasa Inggris Dengan Memperhatikan Sikap Berbahasa Siswa

Supeno Supeno(1*), Imam Suseno(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris dengan menerapkan teknik pembelajaran JIGSAW merupakan bagian dari upaya memperbaiki situasi dan proses pembelajaran dikelas. Teknik pembelajaran JIGSAW dengan memperhatikan beberapa aspek: pembentukan kelompok diskusi, penentuan jumlah anggota dalam satu kelompok, jumlah siswa yang mewakili sebagai kelompok ahli, dan cara evaluasi untuk menilai efektivitas diskusi serta upaya meningkatkan sikap berbahasa siswa. Penelitian ini termasuk jenis classroom action research, menggunakan pendekatan kualitatif sebab peneliti membangun gambaran yang kompleks dan holistic, melaporkan pandangan atau opini dari kolaborator dan situasi penelitian berjalan secara yang alamiah. Penelitian diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan dan kemudian melakukan tindakan berupa siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, analisis data, serta refleksi. Setelah melakukan analisis dan refleksi pada siklus I, peneliti melanjutkan dengan siklus II dan setelah melakukan analisis dan refleksi hasil tindakan pada siklus II, peneliti dan kolaborator memutuskan untuk berhenti karena telah mendapatkan alur pelaksanaan JIGSAW yang ideal. Penerapan teknik pembelajaran JIGSAW dapat berlangsung sangat baik dengan teknis kunci yaitu 1) menentukan siswa menjadi anggota kelompok ahli, 2) jumlah kelompok sesuai dengan jumlah siswa dalam kelompok ahli (tiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa), 3) guru berupaya meningkatkan sikap berbahasa siswa melalui pendekatan dan komunikasi dengan baik, 4) menggunakan instrumen untuk mendeteksi sikap berbahasa siswa dan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris.

Kata kunci: teknik jigsaw, sikap berbahasa, dan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, Sabarti et al. 1991-1992. Bahasa Indonesia III (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Ailan, Lewis R. 2001. Psycological Testing and Assesment. Massachusetts: Allin and Bacon.

Arends, Richard. 2011. Learning to Teach. USA: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.

Brown, H. Douglas. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition. New Jersey: Prentice all Regents.

Chaer, Abdul dan Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daise, Debra, Charl Norloff, and Paul Carne. 2011. Skills for Success Reading and Writing 4. USA: Oxford University Press.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan, terjemahan Munandir. Jakarta: PT Raja.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Taeching: Longman Handbool for Language Teachers, 4 Edition. UK: Longman Group UK Limited.

Joyce, Bruce & Weil, Marsha. 2000. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Lie, Anita. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Jinda Pena publisher.

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Miller, Debbie. 2006. DevelopingReading Skills, A Practical Guide to Reading Comprehension Excercises. Portland, Maine: Stenhouse Publishers.

Simamora, Roymond H. 2009. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Triandis, Harry E.2008. Attitude and Attitude Change. New York: Taylor & Francis Group, LLC.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.4890

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Supeno Supeno, Imam Suseno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.