KABANA, KANTUNG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI BAGIAN DARI GREEN MARKETING Studi Kasus: Penggunaan Kantung Belanja Ramah Lingkungan pada Perusahaan Ritel di Indonesia

Nurhablisyah Nurhablisyah(1*), Yulianto Hadiprawiro(2)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kabana, atau kain serba guna, adalah kantung belanja ramah lingkungan yang dihasilkan dari penelitian yang berjudul ”Perancangan Kantung Belanja Ramah Lingkungan Sebagai bagian dari Green Marketing.” Penelitian ini didasari pada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kantung belanja ramah lingkungan yang ada dipasaran masih memiliki kekurangan dari segi desain, kegunaan, dan bahan. Kabana dpat digunakan menjadi beberapa fungsi seperti tutup tas, jas hujan, taplak, celemek, dan lainnya. Dari 3 mahasiswa yang menjadi key informan mengatakan desain kabana sudah menarik, namun untuk penempatan atribut masih perlu diperbaiki. Dari 3 pengusaha yang diwawancara mengatakan kabana dianggap menarik dan dapat digunakan untuk keperluan ritel, namun masih harus disempurnakan lagi. Pakar kemasan juga menilai Kabana bisa menjadi alternatif kain ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai kantung belanja tetapi masih butuh perbaikan terutama dalam hal penempatan kancing velcrow.


Kata kunci: kantung belanja, ramah lingkungan, green marketing


Full Text:

PDF

References


Artini kusmiati. R, Sripudji Astuti dan Pamudji Suptandar, 1999, Teori Dasar Desain. Komunikasi Visual ,.Djambatan, Jakarta

Kotler Phillip, Keller (2007) Manajemen Pemasaran Edisi 12, PT. Mizan Pustaka, Bandung.

Klimchuk marianne Risner, Sandra A. Krsovec, 200, Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan, Erlangga, Jakarta.

Kwari W & Andy Kwari, 2005, Autocad 2004 2 Dimensi Jilid 1, Elexmedia Komputindo, Jakarta

Morissan MA, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Neumann, W. Lawrence, (2003), Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches 5th Edition, Allyn and Bacon, London.

Sutiono Rudy Jusup, Visual Merchandising Attraction, Gramedia Majalah, 2010

Sugiono, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Tjiptono Fandy, dkk, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit ANDI, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v5i02.468

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurhablisyah Nurhablisyah, Yulianto Hadiprawiro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.