PERANAN HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PERGURUAN TINGGI

Heppy Atma Pratiwi(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Institusi pendidikan terutama pendidikan tinggi dihadapkan pada tantangan global. Semua itu dilakukan untuk menarik simpati, memenuhi target, dan meningkatkan jumlah mahasiswa yang akan diperoleh tiap tahunnya. Mengingat banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencapai target dan tujuan, diperlukan berbagai strategi dan kerjasama yang baik dari banyak pihak, baik internal maupun eksternal. Untuk menghadapi hal itu, strategi pemasaran, pengelolaan perguruan tinggi yang baik serta pemberian informasi yang positif kepada masyarakat sangat diperlukan. Salah satu unit yang dapat mendukung kegiatan tersebut adalah bagian kehumasan. Tugas Humas di sini meyakinkan kepada masyarakat, apa yang telah dicapai lembaga pendidikan tinggi selama ini, dengan memberikan fakta-fakta, misalnya sarana prasarana yang baik, dosen yang handal, jumlah mahasiswa yang telah terserap bekerja di berbagai lembaga pemerintahan, maupun perusahaan besar cukup banyak, mahasiswa yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional cukup signifikan. Harapan lebih jauh lagi adalah lembaga pendidikan tinggi ini akan mendapatkan mahasiswa yang lebih banyak dan menghasilkan lulusan yang lebih baik sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.


Kata kunci : Humas, Citra, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Aaker , David A. and John G. Myers. 1983. Advertising Management. New Delhi: Prentice Hall of India

Assegaf, Dja’far Husin. 1987. Hubungan Masyarakat Dalam Praktek. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Effendi, Onong Uchyana. 1998. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

--------------------------------. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Goldhaber, Gerald M. 1990. Organizational Communication, 5th. Ed. Dubuque: Wm.C. Brown Publishers.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Moore, Frazier H. 1988. Public Relation: Principles, Cases and Problems. Richard D. Irwin, Inc.

Muhammad, Arni. 2004. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Schein, Edgar H. 1992. Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey Bass.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i01.414

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heppy Atma Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.