PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI: Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 103 Jakarta

Bambang Sumadyo(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang tersulit dikuasai diantara beberapa keterampilan yang lain, yaitu: menyimak, berbicara, dan membaca. Hal ini dapat dimengerti karena untuk dapat menulis yang baik dibutuhkan beberapa aspek pendukung, seperti pendekatan pembelajaran dan penguasaan kosakata. Dari data yang terkumpul, dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu: secara umum kemampuan menulis eksposisi siswa yang belajar dengan pendekatan holistik lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pendekatan parsial, kelompok siswa yang memiliki penguasaan diksi tinggi yang belajar dengan pendekatan pembelajaran holistik lebih baik daripada yang belajar dengan pendekatan pembelajaran parsial, kelompok siswa yang memiliki penguasaan diksi rendah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran parsial lebih rendah daripada dengan pendekatan pembelajaran holistik tidak teruji kebenarannya, dan terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa SMAN 130 Jakarta.


Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran, penguasaan diksi, dan eksposisi.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, Maidar G, Arsyad, dan Sakura, Ridwan. 1991-1992. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Anonim. 1994. Kurikulum 1994, Garis-Garis Besar Program Pengajaran Sekolah Menengah Umum: Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas: I, II, III. Jakarta: Depdikbud.

Brown, H. Douglas. 1994. Teaching by Principles. New Jersey: Printice Hall Gogents, Englewood Cliffs.

Goodman, Kenneth S., Yetta M. Goodman, Wendy J. Hood. 1989. The Whole Language Evaluation Book. Canada: Irwin Publishing.

Hamid, Fuad Abdul. 1989. “Keterpe-lajar(i)an dalam Konteks Pemerolehan Bahasa,” Pellba 2, ed. Bambang Kaswanti Purwo. Yogyakarta: Kanisius.

Hefleman, James A.W. dan John E. Lincon. 1986. Writing A College Handbook. London: W.W. Narton & Company, Inc.

Ivanic, Roz dan Wendy Moss. 1991. “Writing In The Community.” Ed. David Barton dan Roz Ivanic. London: Sage Publication, Inc.

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi. Jakarta: PT. Grasindo.

Mc. Whonter, Kathleen T. 1983. College Reading and Study Skills. Canada: Published Simultaneously.

Pateda, Mansoer. 1991. Linguistik Terapan. Ende-Flores: Nusa Indah.

Peters, Pamela. 1986. “Funcional Approaches to Writing Research Perspectives.” Ed. Barbara Coulture. London: Frances Printer (Publishers).

Sumardi, Muljanto. 1992. “Tes dalam Pengajaran Bahasa yang Komunikatif.” Berbagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Ed. Muljanto Sumardi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

White Ronald V. (ed). 1995. New Ways Teaching Writing. USA: Teachers of English to Speaeker of Lan Other Language, Inc.

Wortham, Sue, C. 1996. The Integrated Classroom. New Jersey : Prentice Hall, Englewood Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i01.413

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bambang Sumadyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.