Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL

Erna Megawati

Abstract


Penguasaan bahasa Inggris sebagai lingua franca merupakan suatu keharusan, terutama bagi para mahasiswa sebagai agen perubahan. Pembelajaran bahasa Inggris masih menjadi momok bagi mahasiswa Indonesia karena bahasa Inggris masih merupakan bahasa asing (EFL) di Indonesia. Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, terutama tenses. Model pembelajaran peer teaching menjadi salah satu pilihan dalam pengajaran tenses di universitas. Sample penelitian ini terdiri dari 30 mahasiswa EFL. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas dari penggunaan model pembelajaran peer teaching terhadap pengajaran tenses. Penelitian ini menggunakan model penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan Uji U sebesar 0,309 atau probabilitas di atas 0,05 (0,309 > 0,05) maka H0 diterima atau skor mahasiswa setelah diberi tindakan dengan model pembelajaran peer teaching tidak berbeda dengan skor sebelum mahasiswa diberikan perlakuan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Adi Mahasatya

Boud, D., Cohen, R., & Sampson, J. (1999). Peer learning and assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 24(4), 413–426. Retrieved from https://pes.concordia.ca/docs/peer_learning_and_assessment.pdf

Evans, D. J. R., & Cuffe, T. (2009). Near?peer teaching in anatomy: An approach for deeper learning. Anatomical Sciences Education, 2(5), 227–233. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1002/ase.110

Gay, L.R: Mills, E.G and Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications 9th edition. Pearson.

Harper, G. F., & Maheady, L. (2007). Peer-mediated teaching and students with learning disabilities. Intervention in School and Clinic, 43(2), 101–107. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1016.1925&rep=rep1&type=pdf

Julien, M. (2001). The syntax of complex tenses. Linguistic Review. https://doi.org/10.1515/tlir.18.2.125

Kholiani, W., & Rosyadi, I. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS PADA ENGLISH CLUB BERBASIS ADOBE FLASH CS 3. Jurnal Surya Informatika, 2(1). Retrieved from http://36.78.223.213/e-jurnal/index.php/surya_informatika/article/viewFile/27/31

Rees, E. L., Quinn, P. J., Davies, B., & Fotheringham, V. (2016). How does peer teaching compare to faculty teaching? A systematic review and meta-analysis. Medical Teacher, 38(8), 829–837. Retrieved from http://elib.vums.ac.ir/bitstream/Hannan/21780/1/2016 MT Volume 38 Issue 8 August %2822%29.pdf

Schrampfer, B. (202AD). Understanding and Using English gammar. Pearson Education. https://doi.org/10.1136/bmj.316.7140.1261m

Vasay, E. T. (2010). The effects of peer teaching in the performance of students in mathematics. E-International Scientific Research Journal, 2(2), 161–171. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.682.7395&rep=rep1&type=pdf

Verbs and Tenses.pdf. (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3076

Article metrics

Abstract views : 10 | Full Text views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.