Pengaruh Redenominasi terhadap Kebakuan Bahasa Indonesia

Cut Nuraini(1*)

(1) UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh redenominasi terhadap pemertahanan kebakuan bahasa Indonesia yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan mahasiswa PBSI FKIP Unsika. Redenominasi merupakan salah satu bentuk ancaman dari perkembangan budaya asing dalam bentuk istilah. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahasa Indonesia saat ini semakin tersudutkan oleh bahasa asing di negaranya sendiri. Bahasa Indonesia semakin hari semakin dilupakan. Banyak istilah-istilah asing yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari pada setiap aspek kehidupan. Dari tujuh pedagang yang berada di kantin FKIP Unsika, tiga diantaranya menerapkan redenominasi pada penulisan daftar harga yang terdapat di dalam menu produk yang dijualnya. Hal tersebut mendorong rasa ingin tahu yang sangat tinggi tentang kedudukan redenominasi di kalangan mahasiswa PBSI FKIP Unsika ini menjadi ancamankah atau hanya menjadi tambahan wawasan saja? Dengan menggunakan assesment penilaian kemampuan secara kognitif serta kaitannya dengan ranah afektif, didapat hasil bahwa dari hasil analisis, terbukti bahwa tingkat pengetahuan, pemahaman, sampai dengan pengaplikasian mahasiswa terhadap bahasa Indonesia baku yang baik dan benar sangat tinggi dan baik. Terlihat dari nilai yang cukup tinggi dari analisis kognitif dan afektif.  
 
Kata Kunci : Redenominasi, Pengaruh, Bahasa Indonesia, Baku


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chaer, A., Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kridalaksana, H (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harvey, JH, & Smith, WP. (1991). Social Psycology. Terjemahan oleh Abu Ahmad. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hopkins, C. D., & Antes, R. L. (1990). Classroom Testing: Construction. Itasca, IL: F. E. Peacock Publishers

Krathwohl, D. R. ed. Et al. (1964). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II, Affective Domain. New York: David McKay

Koentjaraningrat. (1987). Penelitian Masyarakat (Edisi Ketiga). Jakarta: PT. Gramredia Utama.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru

Mansoer, P. (1990). Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Nababan, P.W.J. (1986). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Popham, W. J. (1999). Classroom Assessment. Boston: Allyn & Bacon

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: Henari Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2428

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cut Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.