Multimodalitas dalam Pustaka Digital Let’s Read Kategori Cerita Rakyat Perspektif Psikologi Pembaca
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan tidak dapat terlepas dari keberadaan sumber bacaan, termasuk dalam bentuk pustaka digital. Era digitalisasi menyebabkan kebutuhan pembaca akan bacaan digital dan bersifat multimodal semakin meningkat. Pustaka digital Let’s Read merupakan salah satu rekomendasi sumber bacaan yang baik untuk anak-anak karena kelebihan-kelebihan di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji multimodalitas dalam pustaka digital Let’s Read kategori cerita rakyat dengan melibatkan perspektif psikologi pembaca. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa pustaka digital Let’s Read kategori cerita rakyat serta hasil respon angket. Data penelitian dikumpulkan melalui pengisian angket serta teknik baca catat. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui lima tahapan meliputi proses penguraian, penafsiran, perangkuman, penyimpulan, dan merekomendasikan. Analisis data mengacu pada tiga kerangka dimensi literasi digital Earl Aguilera meliputi konten, prosedural, dan kontekstual yang juga dikaitkan dengan perspektif psikologi pembaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustaka digital Let’s Read kategori cerita rakyat mengandung multimodalitas berdasarkan kerangka multimodal Earl Aguilera yang meliputi dimensi konten, proseduran, dan kontekstual. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan perspektif psikologi pembaca, bacaan kategori cerita rakyat dalam pustaka digital Let’s Read cenderung lebih mudah dipahami dan dimaknai sesuai konteks cerita, khususnya bagi pembaca di usia anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aguilera, E. (2023). Digital Literacies and Interactive Media A Framework for Multimodal Analysis. New York: Routledge.
Ahmadi, A. (2019). Teachers as Psychologist: Experience in Beginner Level of Creative Writing Classes Using Behavior Modification. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 101—115. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.12.7
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Perspektif Monodisipliner dan Interdisipliner. Gresik: Graniti.
Ahmadi, A., Darni, & Yulianto, B. (2023). Sastra dan Sastrawan Jawa Timur di Era Pandemi: Tinjauan Respons Pembaca. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 77—85. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5395
Aini, S.F., & Nugraheni, A.S. (2021). Analisis Kemampuan Baca Tulis Melalui Media Pembelajaran Cerita Rakyat pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. DEIKSIS, 13(2), 197—203. https://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6485
Allagui, B. (2023). Factors underlying students’ attitudes towards multimodal collaborative writing. Heliyon, 9(1), 1—9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.212725
Fajri, T. A. A. (2018). Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 1—17. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5
Fitriyani & Nugroho, A.T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307—314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
Fjortoft, H. (2020). Multimodal digital classroom assessments. Computers & Education, 152(2020), 1—11. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103892
Gu, M.M., Huang, C.F., & Lee, C.K.J. (2023). Investigating university students’ digital citizenship development through the lens of digital literacy practice: A Translingual and transemiotizing perspective. Linguistics and Education, 77(2023), 1—11. https://doi.org/10.1016/j.linged.2023.101226
Harjono, H.S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1—7. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6706
Hidayatullah, S., Mulyati, Y, Damaianti, V.S., & Permadi, T. (2023). Analisis Kesesuaian Media Cerita Rakyat Digital dengan Kebutuhan Literasi Emergen. Jurnal Obsesi, 7(5), 5269—5282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5000
Laksono, K., et al. (2023). The Exploring LET’S Read Book Level 0 (My First Book). Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2022, 1350—1357. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-008-4_145
Lestari, N. S., Wibowo, W., & Waslam. (2022). Pengaruh Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia Terhadap Psikologis Pembaca. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 42—54. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.42975
Liu, M., Zhang, L.J., & Biebricher, C. (2024). Investigating students’ cognitive processes in generative AI-assisted digital multimodal composing and traditional writing. Computers & Education, 211(2021), 1—21. https://doi.org/10/1016/j.compedu.2023.104977
Maharani, L.P.S., & Rati, N.W. (2022). Dictor Caksanta: Membentuk karakter Siswa dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 300—310. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735
Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230—9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318
Nurgiyantoro, B. (2019). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kayati, A. N. (2022). Pemanfaatan Teks Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa dan Indonesia untuk Penguat Literasi Peserta Didik. SANDIBASA 1: Artikel Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 385—398. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2028/1477/7479.
Pahl, K., & Rowsell, J. (2005). Literacy and Education. London: Paul Chapman Publisher
Perdana, I., & Kriswantara, G. (2021). Bahan Ajar Digital Membaca Teks Cerita Rakyat Kalimantan Tengah Bermuatan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis. Jurnal Sawerigading, 27(2), 191—204. https://doi.org/10.26499/sawer.v27i2.926
Rachmawati, A., Tjahjono, T., Raharjo, R.P., & Purwati. (2023). Character Development in Reading Folktales; Literacy Learning Strategies Using Propp’s Dramatis Personae and Narrative Functions in Princess Hase. Ijet: Indonesian Journal of English Teaching, 12(2), 184—197. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJET/article/view/2365
Raharjo, R.P., Nugraha, A.S. (2022). Nilai-nilai Psikologi Sastra dan Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Bastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 671—678. https://doi.org/10.36709/bastra.v7i3.16
Ramadhania, A.D., Karim, A.A., Wardani, A.I., Ismawati, I., & Zackyan, B.C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3638—3651. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2655
Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. RDJ: Research and Development Journal of Education, 8(1), 210—219. https://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738
Rokhayati, R., & Nafilah, I. (2021). Perkembangan Psikologi Anak dan Pengenalan Sastra Anak. Jurnal PKM, 4(2), 205—211. https://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.5634
Sari, W. R. F., & Gusthini, M. (2023). Analisis Strategi Penerjemahan Istilah Budaya pada Buku Cerita Anak dari Platform Let’s Read Asia. Jurnal Humaya, 3(1), 49—60. https://doi.org/10.33830/humaya.v3i1.4128
Stevani, J., & Astuti, E. (2023). Eksplorasi Penerapan Metode Reading Guide Melalui Platform Let’s Read Asia. FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 11(2), 1—9.
Wiyatmi. (2011). Psikologi Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanwa Publisher
Yanda, D., & Ramadhanti, D. (2018). A Multimodal Discourse Analysis (MDA) On Bidadari Bermata Bening Novel by Habiburrahman El- Shirazy (Analisis Wacana Multimodal dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El-Shirazy). Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 214—226. https://doi.org/10.22202/jg.208.v4i2.2597
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v16i3.23353
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aurora Zaen Afrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |