Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa yang Kesulitan Membaca
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode membaca Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa Taman Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TB-TKIT) Adilla Citayam yang kesulitan membaca dan faktor yang mendukung efektifitas metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa dan seorang guru. Data penelitian ini bersumber dari wawancara guru dan orang tua serta observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) yang dilaksanakan di Taman Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TB-TKIT) Adilla Citayam belum efektif karena kurangnya waktu pengajaran metode SAS dan kurangnya dukungan dari orang tua.
Kata kunci: Metode SAS, Kesulitan Membaca
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Dewi, K (2014). Penggunaan Metode Stuktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 7 Bungkulan. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10
Dwimayanti, N. K., Kristiantari, M. R., & Wiyasa, K. N. (2013). Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Mimbar Pendidikan 2(1), 1-11
Herlinda, F (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Audio Visual Bagi Anak Slow Learner. Jurnal Mimbar Pendidikan, 3 (15), 1-10
Momo. (1987). Penggunaan Metoda SAS dalam Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : P3G Depdikbud.
Mumpuniarti, Rudiyati S., & Cahyaningrum, E. S. (2011). Kebutuhan Belajar Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) di Kelas Awal Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Penelitian. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Mulyati, Y. (2014). Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Mulyono, A. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar . Jakarta : Rineka Cipta
Mulyadi. (2009). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009 /2010. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Nurjanah, N. (2011). Perbandingan Keefektifan Metode Abjad, Metode Global, dan Metode SAS dalam Proses Belajar Mengajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Di Sekolah Dasar Negeri Banjaran). Jurnal Mimbar Pendidikan 2(1), 1-13
Sutrina., Sopandi, A.A., & Rahmahtrisilvia. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Suku Kata Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas I di SDN 03, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2, 362371.
Supriyadi. (1992). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2, Buku II. Jakarta: Depdikbud.
Yusuf, M., Sunardi & Abdurrahman M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Bandung : Wacana Prima
http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_MIMBAR_PENDIDIKAN/MIMBAR_NO_4_2006/Penggunaan_Metode_SAS_dalam_Pembelajaran_Membaca_dan_Menulis_Permulaan_di_Sekolah_Dasar.pdf
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5589/5766
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2265
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Maguna Eliastuti, Nur Irwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |