Pengaruh Persepsi Siswa atas Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Berbicara

Nurul Akmaliah(1*), Doni Anggoro Ari Santoso(2)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Negeri Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei penjelasan (explanatory survey method) dengan pendekatan kuantatif melalui metode korelasional. Sampel diambil 60 orang siswa atau 33% dari populasi, teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik sampel sistematis. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara  bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung =12.832 > Ftabel = 3.16, dan sig = 0.000 < 0.05. Variabel persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif  dan kemampuan berpikir kritis   siswa menentukan tingkat keterampilan berbicara  bahasa Inggris sebesar 31%.  
 
Kata Kunci: Persepsi Siswa atas Model Pembelajaran Kooperatif, Berpikir Kritis, Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chaplin, J.P. (1999). Kamus Lengkap Psikologi. (Fifth edition). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999) Kurikulum 2004 GBPP SMA. Jakarta.

Erien KS. (2002) English for SMK: New Ways to Learn a Foreign Language. Angkasa Bandung.

Gagne, R. M. and Leslie, B. (2004). Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart And Winston.

Kerlinger, F. N. (1996). Azas azas Penelitian Behavioral, alih bahasa LK Simatupang, Gajah Mada`Universty Perss, Jogjakarta

Finocchiro, M.& C. Brumfit. (1983) The Functional Nasional Approach: From Theory to Practice. New York: Oxford University Press.

Nababan, S. & Subyakto, U. (1983). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Olsen, R and Kagan, S. (1992). Cooperative Language Learning: A Teacher’s Resource Book. New York: Prentice Hall

Richards, J. C. and Theodore S. R. (2003). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press

Robbins, P. S. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2003). Statistika Untuk Penelitian. Bandung CV Alfabeta

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagian Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Indonesia Big Dictionary or KKBI.(2003).

Merriam, W. (2002) Webster.s New World College Dictionary, 4th Ed. Cleveland: Wiley publishing Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2185

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Akmaliah, Doni Anggoro Ari Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.