Tipe-Tipe Plesetan Bahasa pada Kemasan Minuman Aqua
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe permainan bahasa pada Kemasan Minuman Aqua. Penelitian ini sebagai bentuk pengayaan keilmuan terkait kajian linguistik. Penelitian ini pula dapat digunakan sebagai referensi guru dalam mengajarkan keterampilan menulis peserta didik. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru dalam mengajarkan peserta didiknya dalam penulisan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan teknik catat. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan mengamati tipe-tipe plesetan bahasa pada kemasan minuman Aqua kemudian mengklasifikasikannya dalam tabel instrumen. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu padan intralingual. Penelitian yang dilakukan terhadap 24 kemasan minuman Aqua menghasilkan sejumlah data dan temuan tentang permainan bahasa.Permainan bahasa yang ditemukan dalam kemasan minuman Aqua akan diuraikan secara berurutan dari yang pemunculannya paling banyak yaitu plesetan frasal sebanyak 9 atau 37,5 %; plesetan morfemis sebanyak 6 atau 25 %; plesetan grafis sebanyak 3 atau 12,5 %; plesetan ideologis sebanyak 3 atau 12,5 %; plesetan fonologis sebanyak 2 atau 8,3 %, plesetan diskursi sebanyak 1 atau 4,2 %, dan plesetan kalimat tidak ditemukan atau 0 %.
Kata kunci: Permainan bahasa, plesetanFull Text:
PDF (Indonesian)References
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-21. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sibarani, R. (2003). “Fenomena Bahasa Plesetan dalam Bahasa Indonesia” dalam Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, Agustus, Nomor 2, 2003.
Wijana, I D. P. (2003). Wacana Dagadu, Permainan Bahasa, dan Ilmu Bahasa. Universitas Gadjah Mada. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar.
Wijana, I .D. P dan Muhammad Rohmadi. (2009). Analisis Wacana Pragmatik Kajian: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
(https://addresslengkap.blogspot.co.id/2015/09/company-profile-pt-aqua golden.html). (Diakses Kamis, 23/3/2017 pukul 16.45)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2150
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ahmad Muzaki, Yulia Agustin, Hilda Hilaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |