Tipe-Tipe Plesetan Bahasa pada Kemasan Minuman Aqua

Ahmad Muzaki
Yulia Agustin
Hilda Hilaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe permainan bahasa pada Kemasan Minuman Aqua. Penelitian ini sebagai bentuk pengayaan keilmuan terkait kajian linguistik. Penelitian ini pula dapat digunakan sebagai referensi guru dalam mengajarkan keterampilan menulis peserta didik. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru dalam mengajarkan peserta didiknya dalam penulisan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan teknik catat. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan mengamati tipe-tipe plesetan bahasa pada kemasan minuman Aqua kemudian mengklasifikasikannya dalam tabel instrumen. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu padan intralingual. Penelitian yang dilakukan terhadap 24 kemasan  minuman Aqua menghasilkan sejumlah data dan temuan tentang permainan bahasa.Permainan bahasa yang ditemukan dalam kemasan minuman Aqua akan diuraikan secara berurutan dari yang pemunculannya paling banyak yaitu plesetan frasal sebanyak 9 atau 37,5 %; plesetan morfemis sebanyak 6 atau 25 %; plesetan grafis sebanyak 3 atau 12,5 %; plesetan ideologis sebanyak 3 atau  12,5 %; plesetan fonologis sebanyak 2 atau 8,3 %, plesetan diskursi sebanyak 1 atau 4,2 %, dan plesetan kalimat tidak ditemukan atau 0 %.

Kata kunci: Permainan bahasa, plesetan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-21. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sibarani, R. (2003). “Fenomena Bahasa Plesetan dalam Bahasa Indonesia” dalam Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, Agustus, Nomor 2, 2003.

Wijana, I D. P. (2003). Wacana Dagadu, Permainan Bahasa, dan Ilmu Bahasa. Universitas Gadjah Mada. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar.

Wijana, I .D. P dan Muhammad Rohmadi. (2009). Analisis Wacana Pragmatik Kajian: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

(https://addresslengkap.blogspot.co.id/2015/09/company-profile-pt-aqua golden.html). (Diakses Kamis, 23/3/2017 pukul 16.45)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2150

Article metrics

Abstract views : 194 | Full Text views : 178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.