Konjungsi Subordinatif Waktu Dalam Buku Biografi Jejak Penjaga Zaman Karya Yulianti Kaspul

Manyu Santoso(1), Sudaryanto Sudaryanto(2*)

(1) 
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa merupakan media alat komunikasi yang harus diperhatikan  Salah satu yang harus diperhatikan yaitu penggunaan konjungsi seperti konjungsi subordinatif waktu pada ragam tulis biografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanda lingual dan fungsi konjungsi subordinatif waktu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan teknik SBLC dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu metode distribusional dan teknik BUL. Hasil penelitian ini yaitu penanda lingual konjungsi subordinatif waktu sejak sebanyak (18), penanda lingual begitu  (10), penanda lingual demi( 3), penanda lingual ketika sebanyak (22), penanda lingual sambil (1), penanda lingual selagi (1), penanda lingual selama (18), penanda lingual tatkala (2), penanda lingual setelah (18), penanda lingual sebelum (6), penanda lingual selesai  (2), penanda lingual hingga  (17), penanda lingual sampai (5). Kemudian, fungsi konjungsi subordinatif waktu yang ditemukan yaitu fungsi konjungsi subordinatif waktu yang menunjukkan awal suatu peristiwa (8), fungsi konjungsi subordinatif waktu yang menunjukkan awal suatu peristiwa yang ditandai dengan peristiwa lain (57), fungsi konjungsi subordinatif waktu yang menunjukkan awal suatu peristiwa yang didahului dengan peristiwa lain (26), fungsi konjungsi subordinatif waktu yang menunjukkan lamanya suatu peristiwa dengan peristiwa tertentu (22).

 


Keywords


Linguistik; Konjungsi Subordinatif Waktu; Biografi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amalya Navyca Putri. (2019). Penggunaan Konjungsi Subordinatif Kausal dan Temporal dalam Teks Berita. di Universitas Negeri Malang.

Aprillia, A. (2022). Konjungsi dalam Antalogi Galuh Purba dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat di Kelas X SMA. Universitas Ahmad Dahlan.

Ayu Ida ,Mirah Purwiati. 2015. Konjungsi Subordinatif dalam Teks Buku Pelajaran SLTA : Analisis Bentuk, Distribusi dan Makna. Jurnal Aksara

Atmo Sukarto, Kasno. (2017) Konjungsi Bahasa Indonesia : Suatu Tinjauan. Jurnal Pujangga 3(1) : 99.

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta. PT Rineka Cipta.

H.B Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. UNS Press.

Moeliono, A. M, Hans Lapoliwa, Hasan Alwi, Sry Satrya Tjatur Wisnu Sasangka, Sugioyono. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Keempat).Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan

Nurul Istikomah. (2017). Analisis Konjungsi Subordinatif dalam Wacana Politik Surat Kabar Kompas dan Implikasinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kaspul, Yulianti. (2018). Jejak Penjaga Zaman. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Rekso, H., Hardiyanto, F. E., & Arifianti, I. (2021). Ragam Konjungsi dalam Artikel Pendidikan Harian Suara Merdeka dan Relevansinua dengan Pembelajaran Teks Eksposisi . Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra dan Pengajaran 3(1).

Resgita, B. (2021). Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung dan Kaitannya dengan Bahan Ajar SMA Cerita Rakyat di SMA Kelas X. Universitas Ahmad Dahlan.

Sinaga Mangatur, M. Nur Mustafa, Charlina, Anah Mustalimah, Ilham Hapadean. Ketepatan Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Media Cetak. Jurnal Bahasa

Soeparno. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Linguistik. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Sri Wahyuni Syamsuddin. (2017). Konjungsi Subordinatif dan Konsesif pada Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Universias Muhammadiyah Makassar.

Suherli, Suryaman, M., Aji Septiaji, & Istiqomah. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & istiqomah. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Penerbit FBS UNP Press Padang Kampus UNP Air Tawar Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.19395

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Manyu Santoso, Sudaryanto Sudaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.